ANGGA SOPYAN, . (2023) PEMBELAJARAN MUSIK LANGGIR BADONG UNTUK REMAJA DI SANGGAR ETNIKA DAYA SORA KOTA BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (245kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran musik Langgir Badong untuk remaja di Sanggar Etnika Daya Sora Kota Bogor memiliki jadwal latihan rutin setiap sabtu dan minggu. Tahapan pembelajaran dimulai dengan pengenalan alat musik, dilanjutkan pembelajaran pola ritmik, kemudian latihan koreografi, dan latihan materi lagu. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah dan metode demonstrasi. Kegiatan pembelajaran dibuka dengan kegiatan pembuka yaitu pemanasan dilanjutkan dengan kegiatan inti yaitu materi yang akan dipelajari dan yang terakhir kegiatan penutup berupa evaluasi pembelajaran dengan membahas kembali yang sudah dipelajari serta yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan pada Sanggar EDAS berupa pementasan triwulan dan ujian akhir di setiap akhir 6 bulan pembelajaran. Pembelajaran musik Langgir Badong pun memiliki manfaat yang positif untuk siswa kedepannya, diantara ; menambah pengalaman serta dapat menambah sertifikat hasil dari festival maupun pertunjukkan yang bisa digunakan untuk melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya melalui jalur prestasi ***** Learning Langgir Badong music for teenagers at the Etnika Daya Sora Studio, Bogor City, has a routine practice schedule every Saturday and Sunday. The learning stages begin with the introduction of musical instruments, followed by learning rhythmic patterns, then practicing choreography, and practicing song material. The learning method used is the lecture method and demonstration method. The learning activity is opened with an opening activity, which is a warm-up followed by a core activity, namely the material to be studied and finally the closing activity in the form of an evaluation of learning by discussing what has been learned and what will be studied in the next meeting. Evaluation of learning is carried out at the EDAS Studio in the form of quarterly performances and final exams at the end of each 6 months of learning. Langgir Badong music learning also has positive benefits for future students, including; add experience and can add certificates of results from festivals and performances that can be used to continue school to the next level through the achievement path.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Didin Supriadi, S.Sen., M.Pd. ; 2). Saryanto, M.Sn. |
Subjects: | Seni Musik > Musik Seni Musik > Jenis, Aliran Musik |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Users 18621 not found. |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 05:51 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 05:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42314 |
Actions (login required)
View Item |