PENGARUH KEPERCAYAAN KEPADA E-COMMERCE TERHADAP MINAT BELI SECARA ONLINE

MUHAMMAD RAIHAN RIOVANTO, . (2023) PENGARUH KEPERCAYAAN KEPADA E-COMMERCE TERHADAP MINAT BELI SECARA ONLINE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan kepada e-commerce terhadap minat beli secara online. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan skala psikologi. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah Purposive Sampling dengan jumlah total sampel sebanyak 206 responden yang berusia 20-40 tahun dan pernah berbelanja pada e-commerce (Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan JD.ID). Variabel kepercayaan diukur dengan instrumen kepercayaan (Gefen & Straub, 2004) dan variabel minat beli diukur dengan instrumen minat beli (Japarianto & Adelia, 2020). Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan dan positif antara kepercayaan kepada e-commerce terhadap minat beli secara online dengan F hitung sebesar 46,630 yang artinya lebih besar dari F tabel yang memiliki nilai 3,89 (F hitung> F tabel) dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,001 yang artinya lebih kecil dari taraf signifikansi (sig 0,001<0,05). Besarnya pengaruh antara kepercayaan kepada e-commerce terhadap minat beli secara online sebesar 18,6%. This study aims to determine the effect of trust in e-commerce on online purchase intention. This study uses a quantitative method with a psychological scale. The technique used in this study was purposive sampling with a total sample of 206 respondents aged 20-40 years who had shopped at e-commerce (Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, and JD.ID). The trust variable is measured by the trust instrument (Gefen & Straub, 2004) and the purchase intention variable is measured by the purchase intention instrument (Japarianto & Adelia, 2020). The results of this study are that there is a significant and positive effect between trust in e-commerce on buying interest online with an F count of 46.630, which means that it is greater than F table which has a value of 3.89 (F count > F table) and has a significance value equal to 0.001 which means smaller than the significance level (sig 0.001 <0.05). The magnitude of the influence between trust in e-commerce on buying interest online is 18.6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Erik, M.Si. ; 2). Dr. Gumgum Gumelar Fajar Rakhman, M.Si.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Users 19888 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2023 05:19
Last Modified: 13 Sep 2023 05:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42326

Actions (login required)

View Item View Item