HUBUNGAN SIKAP BAHASA DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

INTAN SETIA FITAWATI, . (2023) HUBUNGAN SIKAP BAHASA DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (501kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Literasi digital sangat berperan penting pada kehidupan manusia dalam penggunaan teknologi informasi. Pengetahuan mengenai literasi digital dapat berpengaruh terhadap sikap bahasa dalam menggunakan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap bahasa dan kemampuan literasi digital siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Johar Baru 03 pada bulan Februari 2022. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 70 siswa kelas V yang diambil secara Simple Random Sampling. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan studi korelasional. Uji hipotesis statistik melalui uji Linieritas dan uji Korelasi Pearson. Diketahui bahwa terdapat hubungan positif dalam kategori tinggi. Hubungan yang terbentuk adalah hubungan positif dangan kategori tinggi, sehingga semakin tinggi kemampuan literasi digital siswa maka semakin baik pula sikap bahasa dalam penggunaan media sosial. Penerapan dari sikap bahasa siswa yang baik juga perlu diapresiasi oleh pihak Sekolah. Dengan adanya penghargaan berkaitan sikap bahasa siswa, dapat memunculkan perilaku dan tutur yang positif dalam berkomunikasi. ***** Digital Literacy plays an important role in human life in the use of information technology. Knowledge about digital literacy can influence language attitudes in using social media. This research aims to determine the relationship between language attitudes and digital literacy abilities of fifth grade elementary school students. This research was conducted at SD Negeri Johar Baru 03 in February 2022. The number of samples used was 70 grade V students who were taken by Simple Random Sampling. The method used is a quantitative method with correlational studies. Test statistical hypotheses using the Linearity test and Pearson Correlation test. It is known that there is a positive relationship in the high category. The relationship that is formed is a positive relationship with the high category, so that the higher the students' digital literacy skills, the better the language attitude in using social media. The implementation of good student language attitudes also needs to be appreciated by the school. With rewards related to students' language attitudes, positive behavior and speech can emerge in communication.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd. ; 2). Dr. Ika Lestari, S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 20387 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2023 23:43
Last Modified: 13 Sep 2023 23:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42369

Actions (login required)

View Item View Item