SURVEI KESADARAN METAKOGNITIF MAHASISWA SEMESTER II TAHUN AKADEMIK 2022/2023 (PENELITIAN PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA)

LAKSMI ASMARANI, . (2023) SURVEI KESADARAN METAKOGNITIF MAHASISWA SEMESTER II TAHUN AKADEMIK 2022/2023 (PENELITIAN PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (541kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran metakognitif mahasiswa semester II Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Tahun Akademik 2022/2023. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Metacognitive Awareness Inventory (MAI) yang dikembangkan oleh Schraw dan Denisson dan teori level metakognitif yang dikemukakan oleh Swartz dan Perkins. Kesadaran metakognitif adalah hal yang penting untuk dimiliki oleh mahasiswa, karena dengan kesadaran ini dapat membantu meningkatkan kinerja belajar mahasiswa serta membuatnya lebih bertanggung jawab dan juga mandiri terhadap proses belajarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, dan metode pengumpulan datanya adalah angket MAI. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa 77% mahasiswa berada dalam level 3 yaitu strategic use. Artinya mahasiswa mampu mengaplikasikan dan menyadari strategi tertentu yang tepat dipakai dalam memecahkan suatu masalah. Tetapi mahasiswa belum sampai pada tingkat reflective use yaitu kemampuan untuk menyadari dan memperbaiki kesalahan yang telah dibuat. ***** The purpose of this research is to investigate metacognitive awareness in the second semester of the 2022/2023 Japanese language course. The theory used in this study is the Metacognitive Awareness Inventory (MAI) theory who’s developed by Schraw and Denisson and the metacognitive level theory by Swartz and Perkins. Metacognitive awareness is important for students, because this awareness can help improve student learning performance and make them more responsible and independent in their learning process. The method used in this study was a survey method, and the data collection method was the MAI questionnaire. Based on the results of data analysis is known that 77% of students are in level 3, or strategic use. This means that students are able to apply and realize certain appropriate strategies used in solving a problem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Dr. Frida Philiyanti, M.pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 20466 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2023 05:06
Last Modified: 14 Sep 2023 05:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42403

Actions (login required)

View Item View Item