PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 JAKARTA

JIHAN AWALIYA HAKIM, . (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) terhadap keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi pada siswa kelas 8 SMPN 4 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Jumlah sampel sebanyak 46 orang yang terdiri atas 23 orang pada kelas eksperimen dan 23 orang pada kelas kontrol. Validitas instrumen yang digunakan, yaitu validitas isi dan validitas konstruk. Validitas isi dilakukan oleh expert judgement, sedangkan validitas konstruk dilakukan dengan program Iteman 4.5. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan program komputer SPSS versi 26.0. Uji prasyarat analisis data dilakukan dengan uji normalitas (uji Liliefors) dan uji homogenitas (uji Fisher). Pada uji normalitas diperoleh nilai signifikansi skor tes awal dan tes akhir pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar >0,050, hal ini berarti data berdistibusi normal. Hasil uji homogenitas (Uji Fisher) dengan taraf signifikasi α=0,01 diperoleh Fhitung = 6,43 dan Ftabel = sebesar 8,02, sehingga data memiliki varians homogen. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh nilai signifikansi atau p kelas eksperimen sebesar 0,007 (p<0,05) yang bermakna terdapat perbedaan signifikan antara hasil tes awal dan tes akhir kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran SOLE berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas 8 SMPN 4 Jakarta. Pada tahap penilaian terdapat lima aspek penilaian. Aspek mereorganisasi merupakan aspek pemahaman membaca yang mengalami peningkatan tertinggi pada perbandingan aspek skor tes awal dengan tes akhir siswa kelas eksperimen. Tahapan model pembelajaran SOLE dapat mendukung terwujudnya iklim belajar yang aktif, menumbuhkan kemampuan siswa berpikir kreatif, kemampuan berkomunikasi, dan memecahkan masalah. Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas 8 kurikulum 2013, materi teks eksposisi pada kompetensi dasar 3.5 dan 4.5. ***** This study aims to determine the effect of the Self Organized Learning Environment (SOLE) learning model on reading comprehension skills of exposition texts in grade 8 students of SMPN 4 Jakarta. This study used a quasi-experimental method with a pretest-posttest control group design. Determination of the sample using random sampling technique. The number of samples was 46 people consisting of 23 people in the experimental class and 23 people in the control class. The validity of the instrument used, namely content validity and construct validity. Content validity was carried out by expert judgment, while construct validity was carried out using the Iteman 4.5 program. Data was collected using multiple choice tests. The data analysis technique used was the t-test with the SPSS version 26.0 computer program. Data analysis prerequisite test was carried out by normality test (Liliefors test) and homogeneity test (Fisher's test). In the normality test, it was obtained that the significance value of the pretest and posttest scores in the control class and experimental class was > 0.050, this means that the data is normally distributed. The results of the homogeneity test (Fisher's test) with a significance level of α = 0.01 obtained Fcount = 6.43 and Ftable = 8.02, so the data has a homogeneous variance. The results of data analysis using the t-test obtained a significance value or p for the experimental class of 0.007 (p <0.05) which means that there is a significant difference between the results of the pretest and posttest of the experimental class. The results of this study indicate that the use of the SOLE learning model has an effect on the reading comprehension ability of exposition texts in grade 8 students of SMPN 4 Jakarta. At the assessment stage there are five aspects of the assessment. The aspect of reorganizing is an aspect of reading comprehension that experiences the highest increase in the comparison of aspects of pretest and posttest scores of experimental class students. The stages of the SOLE learning model can support the realization of an active learning climate, foster students' ability to think creatively, communicate, and solve problems. The results of this study can be implemented in Indonesian language learning for grade 8 students in the 2013 curriculum, exposition text material on basic competencies 3.5 and 4.5.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Edi Puryanto, M.Pd. ; 2). Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 20494 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2023 07:05
Last Modified: 14 Sep 2023 07:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42465

Actions (login required)

View Item View Item