ANALISIS KESULITAN MENGUNGKAPKAN ARGUMENTASI DALAM SUPIICHI MAHASISWA KAIWA V PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

KHAIRUNISA MUTIARA SANDI, . (2023) ANALISIS KESULITAN MENGUNGKAPKAN ARGUMENTASI DALAM SUPIICHI MAHASISWA KAIWA V PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (480kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada 33 mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang mengikuti perkuliahan Kaiwa V. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penyebab kesulitan mengungkapkan argumentasi dalam supiichi serta strategi mahasiswa untuk mengatasi penyebab kesulitan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan kuisioner sebagai sumber data primer yang diperkuat dengan wawancara serta observasi yang dilakukan pada mahasiswa. Faktor penyebab kesulitan dikelompokan menjadi dua secara garis besar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi pengetahuan kebahasaan, pengetahuan materi, penampilan, latihan dan psikologis. Sedangkan faktor eksternal meliputi suasana dan moda pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis ditemukan indeks persentase tertinggi untuk masing-masing faktor internal terletak pada keterbatasan kosakata, kebiasaan menerjemahkan dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Jepang, kurangnya referensi untuk memperkuat argumentasi, sudah sering latihan tetapi masih sering blank, gugup saat melakukan kontak mata dengan audiens serta kebingungan saat menerima respon yang di luar prediksi. Sedangkan indeks persentase tertinggi untuk faktor eksternal terletak pada suasana ruangan yang tidak kondusif. Strategi mahasiswa untuk mengatasi kesulitan yang dialami adalah dengan mencari referensi materi, latihan berulang kali, menonton anime/dorama/mendengarkan lagu berbahasa Jepang untuk menambah kosakata serta selalu meyakinkan diri sendiri. ***** This research was conducted on 33 students of State University of Jakarta who attended Kaiwa V class. The purpose of this research was to find out the causes of difficulties in expressing arguments in Japanese speech and solution to overcome the causes of these difficulties. The research method use was descriptive qualitative analysis with questionnaire as primary data source and supported by interviews and observations conducted on students. The causes of difficulties are divided by two factors, internal and external factors. Internal factors include linguistic knowledge, material knowledge, performance, training process and psychology. While external factors include the circumstance and learning mode. The result showed that lack of vocabulary, the habit of translating from Indonesian into Japanese, lack of reference to support arguments, practice frequently but often to be blank, nervous while making eye contact with the audience and confused while receiving an unexpected respond as the highest index percentage for each internal factor. While non supportive circumstance as the highest index percentage of external factor. Then as students’ strategies to overcome the causes of difficulties, searching for the reference materials, practicing repeatedly, watching anime/Japanese drama/listening to Japanese songs to gain more vocabulary and convincing themselves that they can do that.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yuniarsih, M.Hum, M.Ed. ; 2). Ruri Fadhillah Hakim, S.S., M.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 20183 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2023 01:35
Last Modified: 18 Sep 2023 01:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42579

Actions (login required)

View Item View Item