DHIKA PISCAYANSYAH, . (2023) TEKNIK POLA TABUH KROMONG PADA LAGU JALI-JALI DALAM MUSIK GAMBANG KROMONG DI SANGGAR PUJA BETAWI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (234kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (945kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kesenian musik Gambang Kromong di Indonesia terutama di Jakarta berkembang dengan pesat seiring berjalannya waktu. Perkembangan ini membuat masyarakat di Jakarta berminat untuk melestarikan dan mempelajari kesenian musik Gambang Kromong. Hal tersebut sudah banyak dilakukan dan dilestarikan di sanggar-sanggar kesenian, salah satunya Sanggar Puja Betawi. Sanggar Puja Betawi sudah memiliki banyak prestasi yang diraih dan perkembangan dalam segi musiknya memiliki ciri khas sendiri. Tentunya memainkan ansambel musik Gambang Kromong memiliki cara dan teknik bermainnya masing-masing dari setiap alat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana teknik pola tabuh pada instrumen Kromong dalam lagu Jali-Jali yang akan dimainkan oleh sekelompok pemain di Sanggar Puja Betawi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, sehingga data dan hasil penelitian yang akan dijabarkan berupa teks naratif. Hasil dari penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa dalam permainan musik Gambang Kromong khususnya pada instrumen Kromong itu sendiri memiliki tiga teknik pola tabuh pada lagu Jali-Jali. Selain itu, permainan lagu Jali-Jali yang dimainkan oleh panjak atau pemain Kromong tersebut banyak menyelipkan improvisasi melodi sehingga lagu pun tidak terdengar membosankan. ********* [ENG] The art of music in Indonesia, Gambang Kromong, is growing rapidly over time. This improvement has made a lot of people in Jakarta interested in conserving and studying the Gambang Kromong. This has been carried out and preserved in many art houses, which one of a kind is the Puja Betawi Studio. This studio already has many achievements and developments in terms of music that it makes them have their own characteristics. Of course, the Gambang Kromong music ensemble has its own way how to play and the technique of playing each instruments. The purpose of this research was to find out how the pattern technique on the Kromong instrument of Jali-Jali song, and it will be played by a group of players at the Puja Betawi Studio. The method of this research is a qualitative descriptive method, so that the research data will be described as a form of narrative text. The results of this research have concluded, that in playing Gambang Kromong’s music, especially in the Kromong instrument, there are 3 pattern techniques in used for the Jali-Jali song. Besides, the Jali-Jali song that played by the panjak or the Kromong’s player includes a lot of melody improvement so that the songs doesn’t sounds boring.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Didin Supriadi, S.Sn.,M.Pd. ; 2). Dra. Tjut Etty Retnowati, M.Pd. |
Subjects: | Seni Musik > Musik Seni Musik > Jenis, Aliran Musik Kesenian > Seni (umum) |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Users 20522 not found. |
Date Deposited: | 17 Sep 2023 23:34 |
Last Modified: | 17 Sep 2023 23:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42587 |
Actions (login required)
View Item |