ÖKOLOGISCHE NACHHALTIGKEIT VON TOKOPEDIA AM BIG SALE DAY DES UNTERNEHMENS

EKA DAMAYANTI SARI, . (2023) ÖKOLOGISCHE NACHHALTIGKEIT VON TOKOPEDIA AM BIG SALE DAY DES UNTERNEHMENS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keberlanjutan ekologi dari Tokopedia khususnya pada big sale day perusahaan tersebut sebagai salah satu strategi pemasaran perusahaan e-commerce saat ini, sehingga Tokopedia dapat meningkatkan model ekonomi berkelanjutannya dan perusahaan e-commerce lainnya juga dapat belajar dari hal tersebut. Penelitian ini dilakukan melalui analisis lebih lanjut mengenai strategi pemasaran e-commerce dan situasi keberlanjutan dari perusahaan e-commerce saat ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk menjawab pertanyaan penelitian secara empiris. Penelitian dilakukan melalui pengumpulan data melalui wawancara para ahli di bidang pemasaran perdagangan elektronik, keberlanjutan dan logistik. Pedoman wawancara yang berisi rumusan pertanyaan wawancara dibuat terlebih dahulu oleh pewawancara. Pertanyaan wawancara termasuk pertanyaan terbuka dan semi-terstruktur. Hal ini memungkinkan narasumber untuk menjawab pertanyaan dengan lebih fleksibel, sehingga mendapatkan informasi seluas mungkin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Big Sale Day” sebagai strategi pemasaran e-commerce memiliki efek yang berlawanan bagi perusahaan. Di satu sisi, kampanye “Big Sale Day” dapat meningkatkan omset dan pertumbuhan perusahaan. Namun di sisi lain, biaya pemasaran yang tinggi membuat perusahaan harus mengurangi anggaran biaya dengan memberhentikan paksa beberapa karyawannya. Selain itu, meningkatnya jumlah penjualan selama “Big Sale Day” berdampak pada kelestarian lingkungan yang menyebabkan peningkatan jumlah sampah kemasan dan konsumsi bahan bakar untuk pengiriman barang. Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan diskusi bersama, membuat peraturan dan rencana bisnis yang lebih berkelanjutan, mengurangi emisi kendaraan saat pengiriman barang, dan mendaur ulang sampah kemasan yang dihasilkan e-commerce. Dengan menerapkan strategi bisnis ini, perusahaan dapat berkontribusi pada pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan dapat bertahan di pasar dalam jangka waktu yang panjang. Hasil penelitian ini berguna sebagai referensi untuk pengembangan strategi keberlanjutan di perusahaan, khususnya bagi perusahaan e-commerce. ********** The purpose of this study is to describe the ecological sustainability of Tokopedia, especially on the company's big sale day - as one of the current marketing strategies of e-commerce companies so that Tokopedia can improve its sustainable economic model and other e-commerce companies can also learn from it. This study was conducted through further analysis of e-commerce marketing strategies and the current sustainability situation of e-commerce companies. This study uses qualitative research methods to answer the research questions empirically. The research was conducted through data collection by interviewing e-commerce marketing, sustainability, and logistics experts. The interviewer created an interview guide containing the formulation of interview questions in advance. The interview questions were open-ended and semi-structured. These allowed the interviewees to answer the questions more flexibly, thus obtaining as much information as possible. The study results showed that "Big Sale Day" as an e-commerce marketing strategy has opposite effects on the company. On the one hand, the "Big Sale Day" campaign can increase the company's turnover and growth. But on the other hand, the high marketing cost makes the company have to reduce the cost budget by forcefully laying off some of its employees. In addition, the increasing number of sales during "Big Sale Day" impacts environmental sustainability, causing an increase in the amount of packaging waste and fuel consumption for shipping goods. The strategies to overcome these problems are to hold joint discussions, create more sustainable regulations and business plans, reduce vehicle emissions when shipping goods, and recycle packaging waste generated by e-commerce. By implementing these business strategies, companies can contribute to sustainable economic development and can survive in the market in the long term. The results of this study are helpful as a reference for developing sustainability strategies in companies, especially for e-commerce companies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Konstantin Hassemer ; 2). Prof.Dr. Clotilde Rohleder
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 20593 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2023 00:37
Last Modified: 25 Sep 2023 00:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42632

Actions (login required)

View Item View Item