PENGARUH MEDIA PERMAINAN MATCH UP EDUCANDY TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS KELAS XI SMAN 113 JAKARTA

ADINDA NURVIANTINA, . (2023) PENGARUH MEDIA PERMAINAN MATCH UP EDUCANDY TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS KELAS XI SMAN 113 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan Match Up Educandy terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Kompleks Kelas XI MIPA 1 dan 2 SMAN 113 Jakarta. dan MIPA 2. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Uji prasyarat analisis data dilakukan dengan uji normalitas (liliefors) terhadap sampel dari kelas eksperimen, menunjukkan bahwa sampel pretest dan posttest berdistrIbusi normal. Hal ini dibuktikan dengan Lo= 0,9666 < Ltabel= 0,161761 pada pretest dengan taraf signifikansi α=0,05. Dari perhitungan uji homogenitas, menunjukkan bahwa kedua data memiliki varian yang sama atau homogen. Hal ini dapat dilihat dari diperolehnya Fhitung = 1,254 dan Ftabel= 3,354, terlihat bahwa Fhitung < Ftabel, maka data memiliki varians homogen dengan taraf signifikansi α=0,05. Dari hasil uji hipotesis, ditemukan adanya pengaruh media permainan Match Up Educandy terhadap keterampilan menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas XI MIPA SMAN 113 Jakarta. Hal ini dapat dilihat dari hasil hitung thitung= 7,204 lebih besar daripada ttabel= 2,048 hasil interpolasi dengan taraf signifikansi α=0,05. Pada tahap penilaian terdapat tiga belas aspek penilaian. Dapat dinyatakan bahwa hipotesis penelitian yang dilakukan adalah H1 diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh media permainan Match Up Educandy terhadap keterampilan menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas XI MIPA SMAN 113 Jakarta. Pada tahap penilaian terdapat tiga belas aspek penilaian. Aspek yang mengalami kenaikan tertinggi adalah aspek kalimat deklaratif dan aspek pernyataan umum. Aspek kalimat deklaratif meningkat sebesar 15,167 poin, sedangkan aspek pernyataan umum meningkat sebesar 12,5 poin. Kemudian aspek yang mengalami kenaikan paling sedikit adalah aspek ejaan yang benar dengan selisih 1,17 poin. Berdasarkan hasil di atas, media permainan Match Up Educandy dapat dijadikan sebagai media permaianan yang baik untuk pembelajaran teks prosedur kompleks. Penelitian ini juga dapat diimplementasikan untuk materi pembelajaran teks eksplanasi pada kompetensi dasar 3.4 dan 4.4. ***** This study aims to determine the effect of Match Up Educandy game media on the Writing Skills of Complex Procedure Texts for Class XI MIPA 1 & 2 SMAN 113 Jakarta. This study used an experimental method with a pretest-posttest control group design. The data analysis prerequisite test was carried out by the normality test (liliefors) on samples from the experimental class, indicating that the pretest and posttest samples were normally distributed. This is evidenced by Lo = 0.9666 < Ltable = 0.161761 at the pretest with a significance level of α = 0.05. From the calculation of the homogeneity test, it shows that the two data have the same or homogeneous variance. This can be seen from the obtained Fcount = 1.254 and Ftable = 3.354, it can be seen that Fcount <Ftable, then the data has a homogeneous variance with a significance level of α = 0.05. From the results of the hypothesis test, it was found that there was an influence of the Match Up Educandy game media on the writing skills of complex procedure texts in class XI MIPA students of SMAN 113 Jakarta. This can be seen from the results of calculating tcount = 7.204 which is greater than ttable = 2.048 interpolated with a significance level of α = 0.05. At the assessment stage there are thirteen aspects of the assessment. It can be stated that the research hypothesis is that H1 is accepted and Ho is rejected. The results of this study indicate that there is an influence of Match Up Educandy game media on the skills of writing complex procedure texts in class XI MIPA students of SMAN 113 Jakarta. At the assessment stage there are thirteen aspects of the assessment. The aspects that experienced the highest increase were aspects of declarative sentences and general statement aspects. The declarative sentence aspect increased by 15.167 points, while the general statement aspect increased by 12.5 points. Then the aspect that experienced the least increase was the aspect of correct spelling with a difference of 1.17 points. Based on the results above, the Match Up Educandy game media can be used as a good game media for learning complex procedural texts. This research can also be implemented for explanatory text learning materials on basic competencies 3.4 and 4.4.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd. ; 2). Dr. Reni Nur Eriyani, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 20499 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2023 02:27
Last Modified: 18 Sep 2023 02:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42657

Actions (login required)

View Item View Item