PENGEMBANGAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK SECARA EMPATIK PADA REMAJA KORBAN PELECEHAN SEKSUAL

REFFINA DEVA OCTAZALICHA, . (2023) PENGEMBANGAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK SECARA EMPATIK PADA REMAJA KORBAN PELECEHAN SEKSUAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (885kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB)
[img] Text
LAMPIRAN (14)-dikompresi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan kemampuan menyimak secara empatik pada remaja korban pelecehan seksual. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Educational Design Research (EDR) oleh McKenney dan Reeves (2012) yang terdiri dari tiga tahapan proses penelitian yaitu, analisis dan eksplorasi, desain dan konstruksi dan evaluasi dan refleksi. Dalam memperoleh hasil data penelitian, tahap pertama dilakukan observasi dan menyebarkan angket menggunakan instrumen Active Empathic Listening Scale (AELS) oleh Bodie (2011). Hasil penelitian menunjukkan dari total 285 siswa SMA, kemampuan menyimak secara empatik yang dimiliki oleh siswa ialah 5% rendah, 42% cenderung rendah, 28% cenderung tinggi dan 24% tinggi. Tahap kedua membuat rancangan Pengembangan Program Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak secara Empatik pada Remaja Korban Pelecehan Seksual yang berisi panduan bagi guru BK, landasan pembuatan program, sistem penyampaian, sistem manajamen, pertanggung jawaban, dan penutup. Tahap ketiga atau yang terakhir adalah menguji materi bersama dosen uji ahli dan guru BK pada jenjang SMA sebagai penguji pengguna program. Program yang dikembangkan ini dinyatakan sangat layak setelah melewati tahap uji ahli materi yaitu dengan skor 93,5% (Sangat Layak) dan uji pengguna dengan skor 89,6% (Sangat Layak) untuk digunakan oleh Guru BK di sekolah. Maka, rancangan pengembangan Program Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak secara Empatik pada Korban Pelecehan Seksual dinyatakan sangat layak untuk di uji coba, sehingga implikasinya dapat menjadi solusi alternatif dalam menciptakan lingkungan yang ramah bagi korban pelecehan seksual. ***** This research aims to develop a classical guidance service program to enhance empathic listening skills in adolescent victims of sexual abuse. The development model used in this research is Educational Design Research (EDR) by McKenney and Reeves (2012), consisting of three stages of the research process: analysis and exploration, design and construction, and evaluation and reflection. To obtain research data, the first stage involved observation and the distribution of questionnaires using the Active Empathic Listening Scale (AELS) instrument by Bodie (2011). The research results indicate that out of a total of 285 high school students, 5% have low empathic listening skills, 42% are moderately low, 28% are moderately high, and 24% have high empathic listening skills. The second stage involves creating a design for the Development of Classical Guidance Service Program to Enhance Empathic Listening Skills in adolescent Victims of Sexual Abuse, which includes guidelines for guidance counselors, the foundation of the program, delivery system, management system, accountability, and conclusion. Third, entailed testing the materials with expert reviewers and school counselors for user testing. The developed program was deemed very appropriate after passing the expert material review stage with a score of 93.5% (Very Appropriate) and the user testing with a score of 89.6% (Very Appropriate). Therefore, the development design of the Classical Guidance Service Program to Improve Empathic Listening Skills among Victims of Sexual Abuse is considered highly suitable for testing, and its implications can provide an alternative solution in creating a supportive environment for sexual abuse victims.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Susi Fitri, M.Si. Kons.; 2). Dr. Aip Badrujaman, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 20275 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2023 05:03
Last Modified: 20 Sep 2023 05:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42774

Actions (login required)

View Item View Item