PENGGUNAAN POWER POINT PADA PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN DI SMKN 41 JAKARTA

HAIKHAL HAFIZ, . (2023) PENGGUNAAN POWER POINT PADA PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN DI SMKN 41 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (600kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hafiz, Haikhal. 2023. Penggunaan Power Point pada Pembelajaran Bahasa Mandarin di SMKN 41 Jakarta. Skripsi. Jakarta. Pendidikan Bahasa Mandarin. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Media pembelajaran digunakan di sekolah untuk memudahkan pengajar menyampaikan materi serta menarik minat peserta didik pada materi pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang sering digunakan di sekolah adalah salindia presentasi Power Point yang merupakan produk Microsoft. Microsoft Power Point adalah salah satu program yang berfungsi sebagai media presentasi yang memiliki banyak fitur untuk merancang berbagai bahan presentasi visual seperti teks, foto, video, animasi dan grafis lainnya. Penelitian ini dilakukan di SMKN 41 Jakarta dan bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dan penggunaan Power Point sebagai media pembelajaran bahasa Mandarin di SMKN 41 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif dengan teknik observasi partisipan. Penelitian menggunakan 5 tahapan dari 6 tahap perencanaan pembelajaran model ASSURE oleh Heinich, Smaldino, Molenda dan Russell (1980) ketika membuat perencanaan pembelajaran untuk kelas XI BDP dan XI AKL 2. Tahapan yang tidak dilaksanakan adalah Evaluate and Revise, karena peneliti hanya melaksanakan sampai tahap ujicoba perencanaan pembelajaran dengan menggunakan Power Point sebagai media pembelajaran bahasa Mandarin. Pada penggunaan Power Point sebagai media pembelajaran bahasa Mandarin, peneliti menampilkan salindia Power Point pada setiap kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Beberapa salindia Power Point pada kegiatan inti dilengkapi dengan video, audio dan tautan latihan. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Power Point, Perencanaan, Penggunaan Media, Bahasa Mandarin. ***** Hafiz, Haikhal. 2023. The Using of Power Point in the Chinese Language Learning at SMKN 41 Jakarta. Undergraduate Thesis. Jakarta. Department of Chinese Language Education, Faculty of Language and Arts. State University of Jakarta. Schools use learning media to help teachers deliver lessons and engage students in their studies. One of the frequently used learning media in schools is Power Point presentations, which is a product of Microsoft. Microsoft Power Point is a program that helps create visual presentations with various elements like text, images, videos, animations, and graphics. This study was conducted at SMKN 41 Jakarta and aims to describe the planning and use of Power Point as a learning media for Chinese language learning at SMKN 41 Jakarta. The research method used was qualitative-descriptive with participant observation. The study followed 5 out of the 6 stages of the ASSURE instructional planning model by Heinich, Smaldino, Molenda, and Russell (1980) when planning lessons for class XI BDP and XI AKL 2. The stage that wasn't carried out was "Evaluate and Revise," as the researcher only went up to the stage of testing the lesson plan using Power Point as a learning media for Chinese language learning. In using Power Point for teaching Chinese language, the researcher displayed Power Point slides during opening activities, main activities, and closing activities. Some Power Point slides during the main activities included videos, audios, and links to practice materials. Keywords: Learning Media, Power Point, Planning, Using of Media, Chinese Language

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Aprilia Ruby Wikarti, M.A. ; 2). Hudiyekti Prasetyaningtyas, S.S., M. Ed.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Mandarin
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 20756 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:06
Last Modified: 20 Sep 2023 02:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42793

Actions (login required)

View Item View Item