PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA SISWA DAN BERPUSAT PADA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PRAKTIK TARI TOR-TOR MARPANGIR PADA SISWA KELAS X SMAN 2 DEPOK

NIKEN DWI CHRISTYANINGRUM, . (2023) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA SISWA DAN BERPUSAT PADA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PRAKTIK TARI TOR-TOR MARPANGIR PADA SISWA KELAS X SMAN 2 DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (520kB)
[img] Text
COVER .pdf

Download (857kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan hasil belajar keterampilan praktik tari Tor-Tor Marpangir pada siswa kelas X SMAN 2 Depok melalui penggunaan pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa dan pendekatan pembelajaran berpusat pada guru Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan variabel bebas pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa (A1), pendekatan pembelajaran berpusat pada guru (A2) dan variabel terikat adalah hasil belajar keterampilan praktik Tari Tor- Tor Marpangir (Y). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan eksperimen dan pengambilan sampel dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling yang populasinya berjumlah 588 siswa dengan sampel 40 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes keterampilan praktik tari menggunakan pedoman unsur-unsur tari dan pendekatan pembelajaran yang dianalisis menggunakan uji F dan Q dengan uji prasyarat hipotesis. Hasil analisis data penelitian ini adanya perbedaan hasil belajar keterampilan praktik tari Tor-Tor Marpangir siswa melalui pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa dan berpusat pada guru. Nilai rata-rata hasil belajar keterampilan praktik tari Tor-Tor Marpangir melalui pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa sebesar 85,9 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar keterampilan praktik tari Tor- Tor Marpangir melalui pendekatan pembelajaran berpusat pada guru sebesar 81,7. Sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar keterampilan praktik tari Tor-Tor Marpangir melalui pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa memiliki hasil lebih tinggi dari hasil belajar keterampilan praktik tari Tor-Tor Marpangir melalui pendekatan pembelajaran berpusat pada guru. Hal tersebut diperkuat dengan perhitungan pengujian statistik menggunakan uji anava (F) dan didapat Fhitung > Ftabel (4,51 > 4,09). Maka H0 ditolak, sehingga disimpulkan hasil belajar keterampilan praktik tari Tor-Tor Marpangir dengan pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa dan berpusat pada guru memiliki perbedaan yang cukup signifikan. ***** This study aims to find the differerence of learning outcomes of the practice skills of the Tor-Tor Marpangir dance in grade X students in SMAN 2 Depok through the use of student centered learning approach and teacher centered learning approach. This research was conducted in SMAN 2 Depok. The method used in this research is quantitative method with independent variables of the student centered learning approach (A1), the teacher centered learning approach (A2). And dependent variable is the result of learning the practical skills of the Tor-Tor Marpangir dance (Y). The approach used is the experimental approach and sampling with Proportionate Stratified Random Sampling that the population amounted to 588 students with a sample of 40 students. Data collection techniques with dance practice skill test using guidelines for dance elements and learning approaches were analyzed using F and Q tests with hypothesis prerequisite tests. The results of this research data analysis show that there are differences in the larning outcomes of students Tor-Tor Marpangir Dance practice skills through student centered learning and teacher centered learning approaches. The average value of the learning outcomes of the practical skills of the Tor-Tor Marpangir Dance through the student centered learning approach is 85,9 while the average value of the learning outcomes of the practical skills of the Tor-Tor Marpangir Dance through the teacher centered learning approach is 81,7. So it was concluded that the learning outcomes of the practical skills of the Tor-Tor Marpangir Dance through the student centered learning approach had higher results than the learning outcomes of the practical skills of the Tor-Tor Marpangir Dance through the teacher centered learning approach. This was reinforced by calculating statistical tests using the Anava test (F) and obtained Fcount > Ftable (4,51 > 4,09). Then H0 is rejected, so it is concluded that the results of learning the practical skills of the Tor-Tor Marpangir Dance with the student centered learning and teacher centered learning approaches have a significant difference.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ojang Cahyadi, S.Pd., M.Pd. ; 2). B. Kristiono Soewardjo, S.E., S.Sn., M.Sn.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 20727 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:23
Last Modified: 20 Sep 2023 02:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42832

Actions (login required)

View Item View Item