ANALISIS DESKRIPTIF TEKNIK GAMBAR BENTUK MENGGUNAKAN PENSIL WARNA DI KELAS IX SMP LABSCHOOL JAKARTA

FARAH FADHILAH SYAHRANI, . (2023) ANALISIS DESKRIPTIF TEKNIK GAMBAR BENTUK MENGGUNAKAN PENSIL WARNA DI KELAS IX SMP LABSCHOOL JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (717kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Farah Fadhilah Syahrani, 2023. Analisis Deskriptif Teknik Menggambar Bentuk Menggunakan Pensil Warna di Kelas IX SMP Labschool Jakarta. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis deskriptif tentang teknik menggambar bentuk menggunakan pensil warna di kelas IX SMP Labschool Jakarta. Dalam konteks pendidikan seni budaya, penggunaan pensil warna merupakan perkembangan penting yang memungkinkan siswa menghasilkan karya seni yang lebih kreatif dan berwarna. Penelitian ini dilakukan dalam rangka mengembangkan pendekatan pembelajaran berbasis Proyek (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas dan pemahaman siswa dalam pembelajaran seni budaya.Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan analisis dari tahapan pembelajaran. Peserta penelitian adalah siswa kelas IX SMP Labschool Jakarta. Peneliti memberikan materi menggambar bentuk menggunakan pensil warna dengan pendekatan PjBL, dan hasil karya siswa dievaluasi menggunakan tabel penilaian Brent G. Wilson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PjBL dalam pembelajaran seni budaya meningkatkan teknik dan kreativitas siswa dalam menggambar bentuk menggunakan pensil warna. Siswa lebih terlibat aktif dalam proses pembelajaran, dan karya yang dihasilkan mengalami peningkatan kualitas. Meskipun awalnya siswa mengalami kesulitan dalam menerapkan teknik mewarnai dan pemilihan warna, namun dengan pendekatan PjBL, siswa berhasil mengatasi hambatan tersebut.Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan PjBL efektif dalam meningkatkan kreativitas dan pemahaman siswa dalam pembelajaran seni budaya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi para guru dalam merancang pembelajaran seni budaya yang lebih inovatif dan interaktif. Kata Kunci: seni budaya, pembelajaran seni, pensil warna, pendekatan pembelajaran PjBL, kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ataswarin Oetopo, M.Pd 2) Agam Akbar Pahala, S.Pd., M.Sn.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Kesenian > Seni Menggambar
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 20796 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2023 00:55
Last Modified: 02 Oct 2023 00:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42837

Actions (login required)

View Item View Item