MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG MUNDUR ANGKA 10 SAMPAI 1 MENGGUNAKAN MEDIA KARTU ANGKA PADA SISWA DENGAN AUTISME DI KELAS IV (SINGLE SUBJECT RESEARCH DI CINDERA JIWA HOMESCHOOLING)

SABILLAH AZAHRA, . (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG MUNDUR ANGKA 10 SAMPAI 1 MENGGUNAKAN MEDIA KARTU ANGKA PADA SISWA DENGAN AUTISME DI KELAS IV (SINGLE SUBJECT RESEARCH DI CINDERA JIWA HOMESCHOOLING). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membilang angka 10 sampai 1 pada siswa dengan autisme menggunakan media kartu angka. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian merupakan siswa dengan autisme yang berada di kelas IV. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik yang ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membilang angka 10 sampai 1 pada siswa dengan autisme setelah dilakukannya intervensi menggunakan media kartu angka. Nilai rata-rata pada baseline-2 mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan pada tahap baseline-1, sebelum dilakukannya intervensi. Hasil ini menunjukkan bahwa media kartu angka dapat digunakan untuk variasi pembelajaran di sekolah dan digunakan oleh siswa dengan autisme. ***** This research aims to ascertain the improvement of counting backward from 10 to 1 abilities in student with autism through using the number card media. This research uses a quantitative research approach with a Single Subject Research (SSR) experimental using an A-B-A design. The subject are student with autism in the fourth grade. The data collection in this research are using the methods of tests and observations. The data results were analysed statistically and displayed in the form of tables and graphs. The research results indicated an improvement in the ability to count backward from 10 to 1 in student with autism after the intervention by using the number card media. The mean level at baseline-2 showed a significantly increase compared to the baseline-1, before the intervention. These results indicate that number card media can be employs to the variation learning of counting backward in schools and can be utilized by student with autism.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Indra Jaya, M.Pd; 2). Dr. Murni Winarsih, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 20528 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2023 23:40
Last Modified: 20 Sep 2023 23:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42843

Actions (login required)

View Item View Item