EFEKTIVITAS MEDIA ONLINE LEARNING APPS DENGAN METODE FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KANJI (PENELITIAN ESKPERIMEN PADA MAHASISWA SEMESTER II PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA)

PUTERI NABIILAH DAYANTI, . (2023) EFEKTIVITAS MEDIA ONLINE LEARNING APPS DENGAN METODE FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KANJI (PENELITIAN ESKPERIMEN PADA MAHASISWA SEMESTER II PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media online LearningApps dengan metode flipped classroom terhadap kemampuan membaca kanji dan untuk mengetahui tanggapan mahasiswa mengenai penerapan media online LearningApps pada mata kuliah Kanji II. Dalam pembelajaran bahasa Jepang, huruf kanji penting untuk dipelajari agar pemelajar dapat membaca dan berkomunikasi menggunakan bahasa Jepang dengan baik. Sebagai pemelajar pemula, mempelajari kanji harus fokus pada pengenalan karakter atau membaca, sebab salah satu kesulitan pada tahap awal mempelajari kanji adalah multi baca. Oleh karena itu jika ingin menguasai kanji, pemelajar harus memiliki kemandirian untuk mempelajarinya dengan menggunakan media yang tepat. Salah satu media yang dapat digunakan pada flipped classroom adalah laman LearningApps. Laman tersebut memiliki berbagai jenis fitur untuk membuat games, sehingga pengajar dapat menghadirkan variasi latihan membaca kanji yang dapat diakses di dalam atau di luar kelas. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu eksperimen pendekatan kuantitatif dengan metode Pre-Experiment dan desain One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian adalah 24 mahasiswa semester II kelas A. Instrumen yang digunakan berupa pretest-posttest dan angket. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa nilai ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu sebesar 2,07, sementara jumlah thitung adalah 4,99. Sehingga dapat dikatakan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (4,99 > 2,07) yang berarti Hk diterima dan Ho ditolak. Dengan menggunakan LearningApps intensitas kegiatan membaca kanji mahasiswa menjadi meningkat karena banyak melakukan kegiatan melalui media tersebut baik di dalam ataupun di luar kelas. Mahasiswa berpendapat bahwa LearningApps dapat membantu meningkatkan kemampuan dalam membaca kanji, meningkatkan motivasi untuk mempelajari Kanji II, serta praktis dan menghemat waktu dalam pembelajaran Kanji II.*****This research aims to determine the effectiveness of LearningApps online media with the flipped classroom method on the ability to read kanji and to find out student responses regarding the application of LearningApps online media in Kanji II courses. In learning Japanese, it is important to learn kanji so that students can read and communicate in Japanese properly. As a beginner, learning kanji must focus on character recognition or reading, that is because one of the difficulties in the early stages of learning kanji is multi-reading. Therefore, in order to mastering kanji, students must have the independence to learn it by using the right media. One of the media that can be used in flipped classrooms is a website named LearningApps. This website has various types of features for making games which can present a variety of kanji reading exercises that can be accessed inside or outside the classroom. The method used in this research is a quantitative approach experimental with Pre-Experiment method and One Group Pretest-Posttest design. The research sample was 24 second semester students in class A. The instruments used were pretest-posttest and questionnaires. Based on the results of data analysis, it can be seen that the ttable value is at a significant level of 5% which is equal to 2.07, while the total tcount is 4.99. So it can be said that tcount is greater than ttable (4.99 > 2.07), which means Hk is accepted and Ho is rejected. By using LearningApps, the intensity of students' kanji reading activities increases because they carry out many activities through this media both inside and outside the classroom. Students said that LearningApps can help to improve their ability to read kanji, increase motivation to learn Kanji II, as well as be practical and save time in learning Kanji II.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 20224 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2023 00:17
Last Modified: 22 Sep 2023 00:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42883

Actions (login required)

View Item View Item