ANALISIS YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BUNPOU IV DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG

EUNIKE AGATHA, . (2023) ANALISIS YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BUNPOU IV DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kelayakan YouTube sebagai media pembelajaran Bunpou IV dan (2) mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap media YouTube sebagai media pembelajaran Bunpou IV. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesulitan memahami materi Bunpou IV yang kompleks sehingga mahasiswa membutuhkan media pembelajaran tambahan yang dapat digunakan pada waktu pembelajaran asinkronus. YouTube diharapkan dapat membantu meningkatkan pemahaman, memberikan pengalaman belajar yang lebih baik, serta memberikan variasi dalam pembelajaran asinkronus pada mata kuliah Bunpou IV. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa hasil penilaian kelayakan dari dua orang validator yang ahli di bidang materi bahasa Jepang, dua orang ahli di bidang multimedia, serta tanggapan mahasiswa melalui angket. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan teknik reduksi, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video YouTube yang sudah direvisi sesuai saran-saran validator layak digunakan sebagai media tambahan dalam pembelajaran Bunpou IV. Adapun nilai rata-rata yang diperoleh untuk kelayakan materi yaitu 83,2 dengan interpretasi sangat layak, dan dari segi kelayakan media yaitu 94,2 dengan interpretasi sangat layak. Artinya, media ini layak digunakan dalam media pembelajaran asinkronus pada mata kuliah Bunpou IV. Tanggapan mahasiswa pun menunjukkan bahwa media YouTube dapat menjadi salah satu variasi media pembelajaran asinkronus pada mata kuliah Bunpou IV. Kesimpulannya, YouTube layak digunakan sebagai media pembelajaran asinkronus tambahan pada mata kuliah Bunpou IV. ***** This research aims to (1) analyze the feasibility of YouTube as Bunpou IV learning media and (2) determine student responses to YouTube as Bunpou IV learning media. The background of this research is the difficulty of understanding the complex Bunpou IV material so that students need additional learning media that can be used during asynchronous learning. YouTube is expected to help improve students’ understanding, provide a better learning experience, and provide variety in asynchronous learning in Bunpou IV courses. This research uses a qualitative descriptive method. The data collected in the form of feasibility assessment results from two validators who are experts in the field of Japanese language materials, two experts in the multimedia field, as well as student responses through questionnaires. The data obtained were then analyzed using reduction, data presentation, and verification techniques. The results showed that the YouTube video that had been revised according to the validators' suggestions was suitable for use as additional media in Bunpou IV learning. The average value obtained for material feasibility is 83,2 with a very feasible interpretation, and in terms of media feasibility is 94,2 with a very feasible interpretation. It means that YouTube is feasible to use in asynchronous learning in Bunpou IV course. Students' responses show that YouTube can be a variation of asynchronous learning media in Bunpou IV course. In conclusion, YouTube is feasible to be used as an additional asynchronous learning media in Bunpou IV course.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nia Setiawati, M.Pd. ; 2). Eva Jeniar Noverisa, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 20184 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2023 01:36
Last Modified: 22 Sep 2023 01:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42887

Actions (login required)

View Item View Item