MODEL MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ADOBE ANIMATE CC PADA KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI MADRASAH MUTTAWASITAH AL-ISLAMIYAH 25 KELAS 7 JAKARTA)

AULIA ZHAHRA LADEVI, . (2023) MODEL MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ADOBE ANIMATE CC PADA KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI MADRASAH MUTTAWASITAH AL-ISLAMIYAH 25 KELAS 7 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (930kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (950kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif Adobe Animate CC untuk keterampilan membaca dalam bahasa Arab melalui teori pengembangan dengan metode Addie. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (RnD) Model Addie dengan 5 tahapan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Addie diantaranya Analisis, Desain, Pengembangan,Implementasi dan Evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan mengembangkan media pembelajaran keterampilan bahasa Arab siswa kelas VII MTSN 25 Jakarta berbasis Adobe Animate CC yang digunakan untuk menghasilkan produk dan menguji keefektifan produk tersebut. Alat dalam penelitian ini adalah alat manusia. Analisis data menggunakan metode statistik dan deskriptif. Hasil Analisis Angket kebutuhan guru dan siswa menyatakan bahwa siswa antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Bahasa arab, siswa mempelajari bahasa arab dengan baik, namun media pembelajaran yang digunakan masih bersifat monoton dan belum menggunakan pemanfaatan media teknologi. Oleh karena itu guru dan siswa menginginkan media pembelajaran interaktif. Hasil penilaian uji coba terbatas yang dilakukan, maka dapat diperoleh data hasil validasi ahli materi dengan rata-rata 4,64 berada pada kategori sangat valid, karena 4 ≤ skor ≤ 5 sehingga materi pada media tersebut dikatakan sangat valid, sedangkan hasil validasi ahli media dengan rata-rata 4,6 berada pada kategori sangat valid, karena 4 ≤ skor ≤ 5 sehingga media pembelajaran interaktif dikatakan sangat valid. Efektif karena media pembelajaran dinilai oleh siswa dengan respon positif dengan rata-rata persentase respon positif siswa sebesar 68% serta respon guru dengan rata-rata respon sebesar 5 dikatakan efektif karena persentase respon siswa dan guru lebih dari 50%. ***** This study aims to develop Adobe Animate CC interactive learning media for reading skills in Arabic through theory development using the Addie method. The approach used in this study is the Addie research development (RnD) model with 5stages. In this study, researchers used the Addie method that is Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. This study aims to examine and develop Arabic language skills learning facilities for class VII MTSN 25 Jakarta students based on Adobe Animate CC which are used to produce products and test the effectiveness of these products. The tools in this study are human tools. Data analysis used statistical and descriptive methods. The results of the teacher and student needs questionnaire analysis stated that students were enthusiastic in participating in Arabic learning activities, students studied Arabic well, but the learning media used were still monotonous and had not used the use of technological media. Therefore teachers and students want interactive learning media. The results of the limited trial assessment carried out, it can be obtained data from the validation results of material experts with an average of 4.64 in the very valid category, because 4 ≤ score ≤ 5 so that the material on the media is said to be very valid, while the results of media expert validation with average 4.6 is in a very valid category, because 4 ≤ score ≤ 5 so that interactive learning media is said to be very valid. Effective because learning media are assessed by students with positive responses with an average percentage of positive student responses of 68% and teacher responses with an average response of 5 are said to be effective because the percentage of student and teacher responses is more than 50%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Fatwa Arifah, M.A.Pd. ; 2)) Dr. Mohamad Sarip, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 20057 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2023 01:05
Last Modified: 22 Sep 2023 01:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42895

Actions (login required)

View Item View Item