ANALISIS PEMBELAJARAN GAMBAR BENTUK BERBASIS PROYEK PADA SISWA KELAS X SMKN 58 DI JAKARTA TIMUR

SRI HARDIANTI, . (2023) ANALISIS PEMBELAJARAN GAMBAR BENTUK BERBASIS PROYEK PADA SISWA KELAS X SMKN 58 DI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Sri Hardianti, 2023. Analisis Pembelajaran Gambar Bentuk Berbasis Proyek pada Siswa Kelas X SMKN 58 di Jakarta Timur. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 58 Jakarta Timur, pada semester II, yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMKN 58 di Jakarta Timur. Pembelajaran dan hasil belajar siswa sangat ditentukan oleh kompetensi guru yang didukung dengan model dan media pembelajaran yang efektif dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, diterapkannya model Project Based Learning atau pembelajaran berbasis proyek dengan media pembelajaran tutorial dalam video dan Powerpoint. Siswa menghasilkan karya gambar bentuk dengan objek geometris. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi deskriptif. Subjek penelitian ini adalah satu kelas dengan partisipan siswa kelas X jurusan Seni Lukis SMKN 58 Jakarta Timur berjumlah 30 siswa. Teknik dalam menentukan partisipan dilakukan dengan memenuhi kriteria siswa usia 15-17 tahun. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi menggunakan instrumen penelitian yang telah dibuat untuk kegiatan pembelajaran berkarya 1 dan 2. Hasil penilaian karya siswa menunjukkan bahwa pada perolehan pembelajaran berkarya 1, aspek keterampilan siswa lebih rendah dibandingkan dengan hasil berkarya 2. Hal tersebut disebabkan oleh kemampuan dan pemahaman siswa yang berbeda-beda terkait teknik dalam menggambar bentuk. Didukung dengan media pembelajaran berupa tutorial dalam video, siswa mudah memahami materi, merasa tertarik dan sangat antusias belajar gambar bentuk. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil karya siswa melalui model Project Based Learning dengan media tutorial dalam video meningkat dan lebih baik. Sebagian besar siswa memperoleh nilai yang baik. Hal ini dibuktikan melalui hasil penilaian karya siswa menggunakan tabel Brent G. Wilson yang mencakup aspek kreativitas dan keterampilan. Kata Kunci : Project Based Learning, Menggambar Bentuk ***** ABSTRACT Sri Hardianti, 2023. Analysis of Project Based Shape Drawing Learning for Class X Students of SMKN 58 in East Jakarta. Thesis, Fine Arts Education Study Program, Faculty of Language and Arts, State University of Jakarta. This research was conducted at SMKN 58 East Jakarta, in semester II, which aims to improve the learning outcomes of students in class X of SMKN 58 in East Jakarta. Learning and student learning outcomes are largely determined by teacher competence supported by effective learning models and media in the teaching and learning process. Therefore, the implementation of the Project Based Learning model or project-based learning with tutorial learning media in video and Powerpoint. Students produce shape drawings with geometric objects. This research is a qualitative research with descriptive study method. The subject of this research is one class with participants of class X students majoring in Painting at SMKN 58 East Jakarta totaling 30 students. The technique in determining participants was carried out by meeting the criteria of students aged 15-17 years. Data collection was carried out through observation, interviews, and documentation using research instruments that have been made for learning activities work 1 and 2. The results of the assessment of student work show that in the acquisition of learning work 1, the skill aspects of students are lower than the results of work 2. This is due to the different abilities and understanding of students regarding techniques in drawing shapes. Supported by learning media in the form of video tutorials, students easily understand the material, feel interested and are very enthusiastic about learning shape drawing. Based on the results of the research, it can be concluded that the results of student work through the Project Based Learning model with tutorial media in videos are improved and better. Most students get good grades. This is proven through the results of the assessment of student work using the Brent G. Wilson table which includes aspects of creativity and skills. Keywords: Project Based Learning, Drawing Shape

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. R.A Ataswarin Oetopo, M. Pd. ; 2). Agam Akbar Pahala, S. Pd. M. Sn.
Subjects: Kesenian > Seni Menggambar
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 20734 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2023 00:30
Last Modified: 22 Sep 2023 00:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42925

Actions (login required)

View Item View Item