PEWAKTUAN DALAM NOVEL AIB DAN NASIB KARYA MINANTO (Proposal Skripsi Mahasiswa Tahun Akademik 2023 Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni)

MUHAMMAD JORDAN BARESI, . (2023) PEWAKTUAN DALAM NOVEL AIB DAN NASIB KARYA MINANTO (Proposal Skripsi Mahasiswa Tahun Akademik 2023 Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (901kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB) | Request a copy

Abstract

Pewaktuan dalam Novel Aib dan Nasib Karya Minanto. Skripsi. Jakarta. Program Studi Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Novel Aib dan Nasib karya Minanto memiliki daya tarik untuk diteliti dari aspek pewaktuan. Para ahli mengungkapkan bahwa novel Aib dan Nasib memiliki bentuk yang bereksperimen pada narasinya. Narasi yang disebut merupakan sarana pengarang untuk menggali berbagai kemungkinan pewaktuan. Eksplorasi dalam narasi ditemukan dalam novel Aib dan Nasib karya Minanto. Paparan mengenai sastra yang terus berubah sebelumnya adalah untuk menunjukkan bahwa eksplorasi dalam narasi penting diperhatikan. Bila dalam kemungkinan pewaktuan baru dalam narasi tersebut ditemukan keunggulan-keunggulan, kemungkinan tersebut dapat menjadi satu genre baru dalam penulisan novel. Untuk memandang aspek tersebut, penelitian ini menggunakan pewaktuan genette. Jadi, secara garis besar penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pewaktuan dengan pendekatan waktu teks ‘sujet’ Gerard Genette. Adapun tujuan khusus penelitian ini antara lain; (1) Mendeskripsikan urutan ‘order’ dalam Novel Aib dan Nasib berdasarkan ‘sujet’ waktu teks. (2) Mendeskripsikan tempo ‘duration’ dalam Novel Aib dan Nasib karya Minanto berdasarkan ‘sujet’ waktu teks. (3) Mendeskripsikan kekerapan ‘frequency’ dalam Novel Aib dan Nasib berdasarkan ‘sujet’ waktu teks. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif kemudian dianalisis dengan teori Waktu Teks ‘sujet’. Sehingga nantinya didapatkan pewaktuan dalam novel Aib dan Nasib dengan pendekatan teori Naratologi aspek waktu teks ‘sujet’ Gerard Genette. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa novel Aib dan Nasib karya Minanto pada 4 fragmen dalam satu novel terbaik pilihan dewan Kesenian Jakarta tahun 2019 dengan naratologi genette berfokus pada konsep pewaktuan Genette, yaitu: Urutan (order), Kekerapan (frequency), dan Durasi (tempo). Hasil menunjukkan bahwa aspek penceritaan pada masing-masing fragmen menyiratkan sikap masyarakat terhadap permasalahan yang dimunculkan dalam keempat fragmen novel tersebut. Kata Kunci: Naratologi, Pewaktuan, Aib dan Nasib.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Irsyad Ridho, S.Pd., M.Hum. ; 2). Erfi Firmansyah, S.Pd., M.A.
Uncontrolled Keywords: Naratologi, Pewaktuan, Aib dan Nasib
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Users 20724 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2023 05:00
Last Modified: 25 Sep 2023 05:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42969

Actions (login required)

View Item View Item