SHARADINAH MUNISAH, . (2020) PERBANDINGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMK PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (201kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (319kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (55kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan media Video Pembelajaran dengan media Powerpoint terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pemrograman Dasar kelas X SMK Negeri 51 Jakarta dan SMK Negeri 2 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan bulan Desember 2019. Media belajar Video Pembelajaran diterapkan di kelas eksperimen yaitu kelas X MM 1 SMK Negeri 51 Jakarta dan media belajar powerpoint diterapkan di kelas kontrol yaitu X MM 1 SMK Negeri 2 Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMK Negeri 51 Jakarta dan SMK Negeri 2 Jakarta tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 60 peserta didik. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode eksperimen kuantitatif, yaitu dengan memperlakukan dua kelas dengan perlakuan atau tindakan yang berbeda. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Untuk mendapatkan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara menguji peserta didik dengan memberikan tes akhir ( post test ) untuk mengukur kemampuan kogntif dengan instrumen soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat dsimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar atara media belajar video dan powerpoint pada mata pelajaran Pemrograman Dasar kelas X Multimedia SMK Negeri 51 Jakarta dan SMK Negeri 2 Jakarta yang dibuktikan dengan analisis data (Uji-t) yaitu diperoleh thitung> ttabel(2,255 >2,03) yang berarti bahwa hasil dari hipotesis H_0ditolak. Hasil rerata untuk kelas video memperoleh nilai 83,80. Sedangkan rerata untuk kelas powerpoint sebesar 80,67. Hal ini membuktikan bahwa peserta didik yang diajarkan dengan media belajar video memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang diajarkan menggunakan media belajar powerpoint
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Yuliatri Sastrawijaya, M.Pd. ; 2) Hamidillah Ajie,S.Si,M.T |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer |
Depositing User: | Users 675 not found. |
Date Deposited: | 05 Mar 2020 12:13 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 12:13 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4297 |
Actions (login required)
View Item |