STRATEGI IMPLEMENTASI KARAKTER BERNALAR KRITIS DALAM PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) (STUDI KUALITATIF DI SMAN 33 JAKARTA)

FIRDAUS OKTAWIJAYA, . (2023) STRATEGI IMPLEMENTASI KARAKTER BERNALAR KRITIS DALAM PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) (STUDI KUALITATIF DI SMAN 33 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

FIRDAUS OKTAWIJAYA. Strategi Implementasi Karakter Bernalar Kritis Dalam Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran PPKn (Studi Kualitatif di SMAN 33 Jakarta). Skripsi.Jakarta: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi karakter bernalar kritis peserta didik di SMAN 33 Jakarta serta mengetahui bagaimana strategi implementasi karakter bernalar kritis yang dilakukan oleh guru melalui pembelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah enam informan yakni peserta didik kelas XI dan satu key informan yaitu guru PPKn serta satu informan pendukung yakni wakil bidang kurikulum SMAN 33 Jakarta. Kemudian temuan yang didapatkan dikonfirmasi oleh expert opinion yaitu dosen PPKN UNJ. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan cara observasi, wawancara dan teknik dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi karakter bernalar kritis peserta didik di SMAN 33 Jakarta sudah sesuai dengan indikator dari dimensi bernalar kritis yang tertuang dalam Profil Pelajar Pancasila. Hal tersebut ditandai dengan tiga ciri sebagai berikut: Pertama, peserta didik berani dalam mengemukakan argumentasi tanpa ditunjuk terlebih dahulu. Kedua, peserta didik memiliki kemampuan penalaran dengan mampu untuk mengevaluasi dan memberikan pandangan berbeda dengan yang telah disampaikan oleh guru. Ketiga, peserta didik memiliki kemampuan untuk menganalisis gagasan dan informasi yang telah didapatkan. Kemudian untuk mengimplementasikan karakter bernalar kritis kepada peserta didik melalui pembelajaran PPKn, guru menerapkan tiga strategi sebagai berikut: Pertama, memberikan pemahaman terkait tujuan pembelajaran dan karakter bernalar kritis. Kedua, menerapkan pembelajaran yang kontekstual. Ketiga, memberikan ruang bagi siswa untuk dapat berdiskusi dalam pembelajaran yang berlangsung. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan karakter bernalar kritis kepada peserta didik yang sesuai dengan indikator dari dimensi bernalar kritis yang termuat dalam Profil Pelajar Pancasila, guru menerapkan tiga strategi yakni dengan memberikan pemahaman terkait tujuan pembelajaran dan menerapkan pembelajaran yang kontekstual serta memberikan ruang diskusi bagi siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Strategi, Implementasi, Karakter Bernalar Kritis, Profil Pelajar Pancasila, Pembelajaran PPKn. FIRDAUS OKTAWIJAYA. Strategy for Implementing Critical Reasoning Characters in Pancasila Student Profiles Through Civics Education Learning (Qualitative Study at SMAN 33 Jakarta). Undergraduate Thesis. Jakarta: Pancasila and Civics Education Program, Faculty of Social Science, Universitas Negeri Jakarta, 2023. The purpose of this study was to find out how the critical reasoning character conditions of students at SMAN 33 Jakarta and how the strategies for implementing critical reasoning characters were carried out by teachers through Civics Education learning. This research used a qualitative approach with descriptive methods. Participants involved in this study were six XI class students, the Civics Education teacher as the key participant, and the curriculum representative as the supporting participant at SMAN 33 Jakarta. Subsequently, the findings were validated by the expert opinion, the PPKN UNJ lecturer. The researcher collected the data in the data collection procedures through observation, interviews, and documentation techniques. The findings of this study indicated that the critical reasoning character conditions of students at SMAN 33 Jakarta follow the indicators of the critical reasoning dimensions contained in the Pancasila Student Profile. Three characteristics appeared from the condition above: (1) Students express their arguments bravely without being appointed. (2) Students have reasoning abilities by being able to evaluate and provide different views from what has been conveyed by the teacher. (3) Students can analyze ideas and information that they received. Afterward, to implement the characters of critical reasoning to students through Civics Education learning, the teacher applied the following three strategies: First, provide an understanding regarding the learning objectivesand the characters of critical reasoning. Second, apply contextual learning. Third, provide space for students to discuss on going learning. The result of this study showed that to implement the suitable critical reasoning characters for students according to the indicators of the critical reasoning dimensions contained in the Pancasila Student Profile, the teacher applied three strategies: (1) providing an understanding regarding the learning objective, (2) applying contextual learning, (3) and providing space for discussion for students in the learning process. Keywords: Strategy, Implementation, Critical Reasoning Character, Pancasila Student Profile, Civics Education Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Sarkadi, M.Si. 2). Asep Rudi Casmana, S.Pd., MA.
Subjects: Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi
Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 20820 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2023 01:51
Last Modified: 29 Sep 2023 01:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42980

Actions (login required)

View Item View Item