PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR PADA SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK 1 PERGURUAN CIKINI JAKARTA

MAULANA IBRAHIM, . (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR PADA SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK 1 PERGURUAN CIKINI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER - NIM.pdf

Download (188kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (80kB)
[img] Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (101kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (460kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (194kB)

Abstract

ABSTRAK MAULANA IBRAHIM. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar Pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK 1 Perguruan Cikini Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran elektronika dasar di SMK 1 Perguruan Cikini Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desain yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X TAV SMK 1 Perguruan Cikini Jakarta yang berjumlah 24 orang. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh, maka seluruh populasi merupakan sampel pada penelitian ini, yaitu berjumlah 24 orang. Instrumen tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 17 butir soal pada setiap tesnya. Tes dibagi menjadi dua, yaitu pretest dan posttest dengan soal yang berbeda pada tiap tesnya. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t paired, diperoleh hasil t_hitung>t_tabel (3,969 > 1,713), dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kontekstual (CTL) terhadap hasil belajar elektronika dasar. Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual (CTL), Elektronika Dasar, Hasil Belajar. ABSTRACT MAULANA IBRAHIM. The Influence of CTL (Contextual Teaching and Learning) Study of Student Learning in Basic Electronic Subjects in Students of Class X in Audio Video Engineering Departement in SMK 1 Perguruan Cikini. \ This research aims to know that whether there is influence of CTL toward basic electronics’s study result in SMK 1 Perguruan Cikini Jakarta. This research is using experiment method and the design is One-Group Pretest-Posttest Design. The population in this research is all students of class X in Audio Video Engineering Departement in SMK 1 Perguruan Cikini which amount to 24 people. The sample in this research is choosing with saturated sample technique, so all of the population is the sample of this research also, which amount to 24 people. This research is using multiple choice questions as the instrument. There are 17 questions each test. The test is separated into two tests, there are pretest and posttest with different questions each test. According to the result of data analysis using paired t-test, it is got t_count>t_table (3,969 > 1,713), at significance level α = 0,05. It shows that there is is influence of CTL toward basic electronics’s study result in SMK 1 Perguruan Cikini Jakarta. Keywords: CTL, Basic Electronics, Study Result.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Dr. Moch. Sukardjo, M.Pd. ; Dosen Pembimbing 2: Drs. Mufti Ma’sum, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Users 914 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2020 12:32
Last Modified: 12 Mar 2020 12:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4303

Actions (login required)

View Item View Item