PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID “MA’NA” PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 89 JAKARTA

MUHAMMAD NAUFAL, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID “MA’NA” PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 89 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode Riset dan Pengembangan (RnD) dengan menghasilkan produk berupa aplikasi yang dinamakan "Ma'na." Aplikasi ini dirancang sebagai media pembelajaran untuk mengatasi beberapa masalah yang ditemui oleh peneliti dalam proses pembelajaran materi "dakwah Islam" pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Masalah-masalah tersebut meliputi kurangnya minat belajar siswa serta waktu yang kurang efektif dan efisien dalam pembelajaran materi "dakwah Islam." Pengembangan aplikasi ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap analyze, melakukan tahap awal untuk mengetahui kebutuhan dan masalah dalam pembelajaran. Tahap design, tahap pembuatan model media pembelajaran. Tahap development adalah tahap pengembangan aplikasi dengan melakukan proses validasi oleh para ahli. Tahap implementation, peserta didik dan guru melakukan percobaan terhadap media pembelajaran aplikasi serta mengisi kuisioner untuk melihat respon peserta didik. Tahap evaluation, mengevaluasi dan merevisi media pembelajaran aplikasi sesuai data ahli serta data guru dan peserta didik. Subjek pada penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 89 Jakarta pada semester ganjil Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini telah berhasil mengembangkan sebuah media aplikasi untuk materi Dakwah Islam dan menunjukkan bahwa penilaian media pembelajaran layak digunakan dengan mendapatkan skor dari ahli materi sebesar 85%, ahli media sebesar 76%, dan ahli bahasa sebesar 100%. Melalui penggunaan aplikasi "Ma'na" dalam pembelajaran materi "dakwah Islam," hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran aplikasi android “Ma’na” mendapatkan kategori baik dan layak digunakan setelah uji implementasi kepada siswa dan guru. Hasil penguji-cobaan kepada siswa mendapat skor 84,4% dan dari guru mendapat skor 81% Pada tahap akhir dilakukan evaluasi media berdasarkan masukan para pakar dengan guru dan siswa. Aplikasi ini berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik dan interaktif, dengan fitur-fitur yang dirancang untuk memfasilitasi pemahaman dan keterlibatan siswa dalam materi pembelajaran "dakwah Islam." Hasil Penilaian kelayakan melalui Respon Peserta Didik Terhadap Media Pembelajaran Aplikasi "Ma'na" adalah 83,2% dengan kategori layak/positif. ***** This study uses the Research and Development (RnD) method by producing a product in the form of an application called "Ma'na." This application is designed as a learning medium to overcome some of the problems encountered by researchers in the process of learning "Islamic da'wah" material in the subject of Islamic Religious Education (PAI). These problems include a lack of interest in student learning and less effective and efficient time in learning "Islamic da'wah" material. The development of this application uses the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). The analyze phase is carried out in the early stages to find out the needs and problems in learning. The design stage, the stage of making the learning media model. The development stage is the application development stage by carrying out the validation process by experts. In the implementation phase, students and teachers conduct experiments on application learning media and fill out questionnaires to see student responses. The evaluation stage evaluates and revises the application learning media according to expert data as well as teacher and student data. The subjects in the study were class XI students at SMA Negeri 89 Jakarta in the odd semester of the 2022/2023 Academic Year. Data analysis techniques using descriptive qualitative and quantitative. This research has succeeded in developing a media application for Islamic Da'wah material and shows that the assessment of learning media is appropriate to use by obtaining scores from material experts of 85%, media experts of 76%, and linguists of 100%. Through the use of the "Ma'na" application in learning material "Islamic da'wah," the final results of the study showed that the learning media for the android application "Ma'na" received a good category and was suitable for use after implementing tests on students and teachers. The results of testing the students got a score of 84.4% and the teacher got a score of 81%. In the final stage, a media evaluation was carried out based on input from experts with teachers and students. This application succeeded in creating an interesting and interactive learning environment, with features designed to facilitate students' understanding and involvement in the learning material "Islamic da'wah." The results of the feasibility assessment through Student Responses to the "Ma'na" Application Learning Media were 83.2% in the appropriate/positive category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Muslihin S.Pd.I., M.A. ; 2). Rihlah Nur Aulia, M.A.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 20682 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:38
Last Modified: 10 Oct 2023 04:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43108

Actions (login required)

View Item View Item