PERAN CIVIL SOCIETY ORGANIZATION (CSO) DALAM PENDIDIKAN ANAK MISKIN (Studi Kasus pada Organisasi Swayanaka Jakarta)

ISNA NURASYIFAH FAJRIN, . (2024) PERAN CIVIL SOCIETY ORGANIZATION (CSO) DALAM PENDIDIKAN ANAK MISKIN (Studi Kasus pada Organisasi Swayanaka Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (671kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (196kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana program Swayanaka Jakarta dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak miskin. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana manfaat yang dihasilkan dan bagaimana Swayanaka Jakarta berperan dalam pendidikan anak miskin. Penelitian ini menggunakan konsep Peran sebagai Bentuk Kontribusi, konsep Civil Society Organizations, konsep Pendidikan Anak Miskin, dan konsep Pendidikan Nonformal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, yang menjadi tempat pelaksanaan program Swayanaka On Coming School (SOCS). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2023 hingga bulan Mei 2023. Subjek penelitian terdiri dari 8 orang informan yakni 2 pengurus inti Swayanaka Jakarta, 1 orang sukarelawan yang mengajar pada program Swayanaka Jakarta, 1 orang pendiri Swayanaka Indonesia, dan 4 orang tua murid yang menjadi target sasaran program pengajaran Swayanaka Jakarta serta psikolog anak sebagai triangulasi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam pada informan, observasi di lokasi penelitian, dokumentasi, serta studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program Swayanaka Jakarta dalam pendidikan anak miskin diimplementasikan melalui program besar mereka yakni Swayanaka On Coming School (SOCS). Program SOCS diselenggarakan dengan melakukan pengajaran yang berfokus pada aspek sosio-emosional anak. Program ini dilaksanakan dengan melibatkan psikolog anak dalam pembuatan modul pembelajaran. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Swayanaka Jakarta berperan dalam pendidikan anak miskin khususnya pada aspek sosio-emosional anak. Dampak tersebut terlihat pada kemampuan anak untuk mengarahkan emosi mereka, yang kemudian juga akan berdampak pada kemampuannya dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Dengan berbagai program yang dilakukan, menjadikan Swayanaka Jakarta sebagai sebuah civil society organization yang berperan terhadap pendidikan anak miskin melalui pendidikan nonformal. This research aims to describe how the Swayanaka Jakarta program improves the quality of education for poor children. Apart from that, this research aims to describe how the benefits are generated and how Swayanaka Jakarta plays a role in the education of poor children. This research uses the concept of Role as a Form of Contribution, the concept of Civil Society Organizations, the concept of Education for Poor Children, and the concept of Non-formal Education. This research uses a qualitative approach with a case study method. This research was conducted in Penjaringan District, North Jakarta, which is the location for the Swayanaka On Coming School (SOCS) program. This research was conducted from April 2023 to May 2023. The research subjects consisted of 8 informants, namely 2 core administrators of Swayanaka Jakarta, 1 volunteer who taught at the Swayanaka Jakarta program, 1 founder of Swayanaka Indonesia, and 4 parents of the target students. the target of the Swayanaka Jakarta teaching program and child psychologists as triangulation. Data collection was carried out using in-depth interviews with informants, observations at the research location, documentation, and literature study. The results of this research show that the Swayanaka Jakarta program in educating poor children is implemented through their large program, namely Swayanaka On Coming School (SOCS). The SOCS program is organized by teaching that focuses on the socio-emotional aspects of children. This program is implemented by involving child psychologists in creating learning modules. The research results also show that Swayanaka Jakarta plays a role in the education of poor children, especially in the socio-emotional aspects of children. This impact can be seen in children's ability to direct their emotions, which will also have an impact on their ability to build relationships with other people. With the various programs carried out, Swayanaka Jakarta has become a civil society organization that plays a role in the education of poor children through non-formal education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ikhlasiah Dalimoenthe, M.Si 2). Marista Christina Shally Kabelen, S.Fil., M.Hum
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 20945 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2024 01:16
Last Modified: 22 Jan 2024 01:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43273

Actions (login required)

View Item View Item