PATUNG SENA (PAPAN HITUNG SEDERHANA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG DASAR BAGI PESERTA DIDIK ADHD

DIAJENG YUTIA RIZKI, . (2024) PATUNG SENA (PAPAN HITUNG SEDERHANA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG DASAR BAGI PESERTA DIDIK ADHD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (746kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (651kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian karya inovatif ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa alat bantu belajar papan hitung yang dapat digunakan oleh peserta didik ADHD pada materi operasi hitung bilangan cacah yang diberi nama Media Patung Sena (Papan Hitung Sederhana). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan PPE yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan (planning), tahap produksi (production), dan tahap evaluasi (evaluation). Penilaian dilakukan melalui test evaluasi formatif oleh para ahli yaitu ahli media, ahli materi dan ahli ADHD. Hasil uji kelayakan oleh ahli media didapatkan skor 92,5% dengan kategori sangat layak dari aspek prinsip dan fungsi media pembelajaran. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi didapatkan skor 100% dengan kategori sangat layak karena materi pada media sesuai dengan kurikulum pembelajaran saat ini. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi didapatkan skor 100% dengan kategori sangat layak karena sesuai dengan karakteristik, kemampuan dan kebutuhan belajar dari peserta didik ADHD sebagai media pembelajaran untuk membantu siswa dalam belajar operasi hitung bilangan cacah. This innovative work research aims to produce learning media in the form of counting board learning aids that can be used by ADHD students on the material of counting operations of small numbers called Sena Sculpture Media (Simple Counting Board). This research uses the Research and Development (R&D) method with the PPE development model which consists of three stages, namely the planning stage, the production stage, and the evaluation stage. The assessment was carried out through a formative evaluation test by experts, namely media experts, material experts and ADHD experts. The results of the feasibility test by media experts obtained a score of 92.5% with a very feasible category from the aspects of the principles and functions of learning media. The results of the feasibility test by material experts obtained a score of 100% with a very feasible category because the material on the media is in accordance with the current learning curriculum. The results of the feasibility test by material experts obtained a score of 100% with a very feasible category because it is in accordance with the characteristics, abilities and learning needs of ADHD students as learning media to help students learn counting operations.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Bahrudin, M.Pd. 2). Leliana Lianty, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 21016 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2024 05:07
Last Modified: 22 Jan 2024 05:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43288

Actions (login required)

View Item View Item