STRATEGI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN FONEM SUPRASEGMENTAL DALAM KOMUNIKASI VERBAL PADA SISWA HAMBATAN PENDENGARAN KELAS 1 DI SLB B PANGUDI LUHUR

INTAN APRILIYANI MENTARI, . (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN FONEM SUPRASEGMENTAL DALAM KOMUNIKASI VERBAL PADA SISWA HAMBATAN PENDENGARAN KELAS 1 DI SLB B PANGUDI LUHUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (524kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang mendalam mengenai strategi pengembangan fonem suprasegmental dalam komunikasi verbal pada siswa hambatan pendengaran kelas 1 di SLB B Pangudi Luhur. Mencakup aspek perencanaan, pelaksanaan, langkah-langkah, metode dan evaluasi pengembangan kemampuan fonem suprasegmental pada kegiatan di kelas, bina wicara dan PKPBI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara guru kelas, guru wicara dan guru PKPBI serta dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya perencanaan. Pelaksanaannya terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran Langkah-langkah pengembangan berbeda tiap kegiatannya dengan menerapkan metode MMR dan pendekatan VAKT dengan materi fonem suprasegmental yang disesuaikan dengan hasil percakapan siswa. Dengan memanfaatkan media dan sumber belajar yang relevan. Evaluasi berupa tes sumatif akhir dan tes formatif selama kegiatan berlangsung dengan hasil menunjukkan bahwa sebagian besar siswa dapat menggunakan fonem suprasegmental dengan baik dalam komunikasi verbal. Kesimpulannya pengembangan fonem suprasegmental dipengaruhi oleh kondisi tiap individu serta lingkungan belajar yang mendukung. Kata Kunci: Fonem Suprasegmental, Komunikasi Verbal, Siswa Hambatan Pendengaran ***** This research aims to obtain in-depth information regarding phoneme development strategies suprasegmental in verbal communication in class 1 hearing impaired students at SLB B Pangudi Luhur. Covers aspects of planning, implementation, steps, methods and evaluation of developing suprasegmental phoneme abilities in classroom activities, speech development and PKPBI. This research uses a qualitative approach. Data collection techniques in this research used observation techniques, interviews with class teachers, speech teachers and PKPBI teachers as well as documentation. Data analysis includes data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The research results showed that there was no planning. The implementation is integrated with learning activities. The development steps are different for each activity by applying the MMR method and VAKT approach with suprasegmental phoneme material which is adapted to the results of student conversations. By utilizing relevant media and learning resources. Evaluation takes the form of a final summative test and formative tests during the activity with the results showing that the majority of students can use suprasegmental phonemes well in verbal communication. In conclusion, the development of suprasegmental phonemes is influenced by the conditions of each individual and a supportive learning environment. Keywords: Suprasegmental Phonemes, Verbal Communication, Hearing Impairment Students

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Riana Bagaskorowati, S.Pd.,M.Si.,Ph.D ; 2). Dr. Indra Jaya, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Intan Apriliyani Mentari .
Date Deposited: 26 Jan 2024 04:04
Last Modified: 26 Jan 2024 05:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43436

Actions (login required)

View Item View Item