HANAA HANIIFAH, . (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN UANG BAGI PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN MELALUI METODE ROLE PLAYING (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS IX DI SLB B&C DIAN KAHURIPAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (683kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (404kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (387kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penggunaan uang bagi peserta didik hambatan intelektual ringan kelas IX di SLB B&C Dian Kahuripan melalui metode role playing. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik hambatan intelektual ringan kelas IX di SLB B&C Dian Kahuripan yang berjumlah dua orang. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan non tes. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik kuantitatif dengan cara mencari nilai hasil belajar, dan kualitatif menggunakan model Milles dan Huberman. Hasil analisis data yang diperoleh dari tes kemampuan awal peserta didik berinisial DTC sebesar 30 pada aspek pengetahuannya dan 55,5 pada aspek keterampilannya, sedangkan peserta didik berinisial KJK sebesar 50 pada aspek pengetahuannya dan 58,3 pada aspek keterampilan. Setelah diberikan tindakan siklus I, nilai yang diperoleh peserta didik berinisial DTC sebesar 50 pada aspek pengetahuannya dan 63,8 pada aspek keterampilannya, sedangkan peserta didik berinisial KJK sebesar 70 pada aspek pengetahuannya dan 69,4 pada aspek keterampilan. Untuk melihat kekonsistenan hasil belajar peserta didik, peneliti dan kolaborator setuju untuk melanjutkan ke siklus II. Setelah diberikan tindakan siklus II, nilai yang diperoleh peserta didik berinisial DTC sebesar 70 pada aspek pengetahuannya dan 75 pada aspek keterampilannya, sedangkan peserta didik berinisial KJK sebesar 80 pada aspek pengetahuannya dan 83,3 pada aspek keterampilannya. Selain dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, penerapan metode role playing juga dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri, tanggung jawab dan kemandirian peserta didik. Maka dapat dinyatakan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan kemampuan penggunaan uang peserta didik hambatan intelektual kelas IX di SLB B&C Dian Kahuripan Kata kunci: Kemampuan penggunaan uang, bermain peran, hambatan intelektual ringan ***** This study aims to improve the ability to use money for mild intellectual disability students in class IX at SLB B&C Dian Kahuripan through the role playing method. The samples used in this study were students with mild intellectual disabilities in class IX at SLB B&C Dian Kahuripan, totaling two people. The method used was the Classroom Action Research (PTK) method with the Kemmis and Mc Taggart model. Data collection was carried out using tests and non-tests. The analysis technique used is quantitative technique by finding the value of learning outcomes, and qualitative using the Milles and Huberman model. The results of data analysis obtained from the initial ability test of students with the initials DTC were 30 in the knowledge aspect and 55.5 in the skill aspect, while students with the initials KJK were 50 in the knowledge aspect and 58.3 in the skill aspect. After being given cycle I action, the scores obtained by students with the initials DTC were 50 in the knowledge aspect and 63.8 in the skills aspect, while students with the initials KJK were 70 in the knowledge aspect and 69.4 in the skills aspect. To see the consistency of students' learning outcomes, researchers and collaborators agreed to continue to cycle II. After being given the action of cycle II, the scores obtained by students with the initials DTC were 70 in the knowledge aspect and 75 in the skill aspect, while students with the initials KJK were 80 in the knowledge aspect and 83.3 in the skill aspect. In addition to improving students' learning outcomes, the application of the role playing method can also increase students' self-confidence, responsibility and independence. So it can be stated that the application of the role playing method can improve the ability to use money for students with intellectual disabilities in class IX at SLB B&C Dian Kahuripan. Keywords: Ability to use money, role playing, mild intellectual disability
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Asep Supena ; 2). Ishak Gerald Bachtiar |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 21227 not found. |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 05:27 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 05:27 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43491 |
Actions (login required)
View Item |