PENGARUH PENGGUNAAN METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS PADA SISWA KELAS VII MTsN 20 JAKARTA

RIA YUNIDA, . (2012) PENGARUH PENGGUNAAN METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS PADA SISWA KELAS VII MTsN 20 JAKARTA. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1.COVER SKRIPSI rev.pdf

Download (41kB)
[img] Text
2. pengesahan mpe kata pengantar.pdf

Download (41kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI REVISI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
4.Skripsi_Bab1 rev.pdf

Download (32kB)
[img] Text
5.skripsi_bab2rev.pdf

Download (131kB)
[img] Text
6.skripsi_bab3 rev.pdf

Download (72kB)
[img] Text
7.Skripsi_bab4rev.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (21kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] Text
10. stat skrip.pdf

Download (353kB)
[img] Text
11. RPP Eks.pdf

Download (80kB)
[img] Text
12.RPP kontrol.pdf

Download (77kB)
[img] Text
13. Lampiran 17 Prates Siswa Kelas Eksperimen.pdf

Download (1MB)
[img] Text
penilaian skripsi baru.pdf

Download (121kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan menulis puisi bebas. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 20 Jakarta pada siswa kelas VII tahun ajaran 2009/2010, bulan Februari 2010. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pretes dan postes dua kelompok. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTs Negeri 20 Jakarta. Pengambilan sampel diambil dari kelas yang memiliki pengetahuan dan tingkat kognitif yang sama. Selain itu, jumlah siswa dari kedua kelas yang dijadikan sampel memiliki jumlah yang sama, yakni tiga puluh siswa. Kelas eksperimen merupakan kelas yang menggunakan metode TAI, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional, yakni ceramah dan tanya jawab. Hasil kedua bentuk pembelajaran tersebut kemudian dibandingkan dan dilihat untuk memastikan ada atau tidaknya pengaruh antara kelas yang menggunakan metode TAI dengan kelas yang menggunakan metode konvensional melalui ceramah dan tanya jawab. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan menulis puisi bebas. Sebelum dianalisis, dilakukan uji persyaratan data sampel, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Uji Liliefors digunakan sebagai uji normalitas. Dari hasil perhitungan, diperoleh Lo untuk sampel siswa kelas eksperimen sebesar 0,1213 dan Lo untuk sampel siswa kelas kontrol sebesar 0,1141. Adapun Lt yang didapat sebesar 0,161 pada taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, sampel penelitian ini berdistribusi normal. Uji Bartlett digunakan untuk uji homogenitas. Dari hasil perhitungan, diperoleh X² hitung sebesar 4,941. Berdasarkan daftar distribusi kuadrat dengan dk = 29 dan taraf signifikansi 0,05 diperoleh X² tabel sebesar 42,557, dari hasil tersebut diperoleh X² hitung lebih kecil dari X² tabel = 42,557. Dengan demikian, populasi mempunyai varians yang homogen. Selanjutnya, data dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan perhitungan, diperoleh rasio t sebesar 2,375 pada dk 58 dan taraf signifikansi sebesar 0,05, sedangkan t tabel diperoleh sebesar 1,671. Dari data tersebut diketahui bahwa hasil penelitian menolak hipotesis nol, yaitu “tidak terdapat pengaruh metode TAI terhadap kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas VII MTs Negeri 20 Jakarta”. Sebaliknya, hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh metode TAI terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VII MTs Negeri 20 Jakarta. Jadi, hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode TAI dapat dijadikan sebagai salah satu metode alternatif untuk menaikkan skor kemampuan siswa dalam menulis puisi. Guru disarankan untuk mempraktikkan metode TAI sebagai salah satu metode alternatif dalam pembelajaran menulis, khususnya menulis puisi bebas. Berdasarkan penelitian, metode TAI memberikan kenaikan hasil belajar yang baik dalam proses pembelajaran menulis puisi bebas. Hal itu karena siswa dilatih untuk dapat meningkatkan partisipasi dan kontribusi dalam kelompok, sosialisasi lebih baik, bertanggung jawab dan siswa akan lebih terlibat dan memperhatikan. Dengan demikian siswa akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan guru. Melihat pengaruh positif dari penerapan metode TAI, maka diharapkan dapat membantu guru dalam mengoptimalkan pengajaran menulis lainnya. Kata Kunci: Metode TAI, Menulis Puisi Bebas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 22 Oct 2019 14:22
Last Modified: 22 Oct 2019 14:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/435

Actions (login required)

View Item View Item