MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN MENGGUNAKAN MEDIA INTELLEGENCE STICKBAGI PESERTA DIDIK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL KELAS VI-C SLB NEGERI 5 JAKARTA

OSAMAH BEN LADEN, . (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN MENGGUNAKAN MEDIA INTELLEGENCE STICKBAGI PESERTA DIDIK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL KELAS VI-C SLB NEGERI 5 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (884kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (520kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan menggunakan media intelligence stick pada peserta didik dengan hambatan intelektual kelas VI di SLBN 5 Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart. Dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan Tindakan dan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukan dari kemampuan awal adalah keempat peserta didik mendapat skor 45 untuk Ai, skor 40 untuk Ma, skor 25 untuk Na, dan skor 40 untuk Sa. Keempat peserta didik masih belum terlalu mengenal konsep penjumlahan dan saat melakukan penjumlahan masih menggunakan jari sehingga peserta didik hanya mampu melakukan penjumalahan dengan hasil maksimal. Kemudian dari hasil evaluasi siklus I, peserta didik mengalami peningkatan tetapi belum sesuai dengan kriteria peningkatan yang ditentukan, peningkatan 15 poin untuk Ai, 15 poin untuk Ma, 15 poin untuk Na dan 20 untuk Sa. Peningkatan terlihat dari kemampuan peserta didik dalam menghitung penjumlahan dengan hasil maksimal diatas 10 keempat peserta didik sudah mampu menggunakan media intelligence stick dalam melakukan penjumlahan tetapi peserta didik masih belum teliti dalam menggunakannya, sedangkan pada siklus II, hasil yang diperoleh keempat peserta didik dengan hambatan intelektual kelas VI mengalami peningkatan penjumlahan dan sudah mencapai kriteria ketuntasan. Ketika sudah dilakukan perbaikan rencana guru mencontohkan peserta didik untuk mengambil stik satu per satu dengan teliti, keempat peserta didik sudah mampu menggunakan media intelligence stick dengan baik dan teliti sehingga kesalahan dalam melakukan penjumlahan sangat berkurang. Hal itu menunjukkan bahwa media intelligence stick mampu meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan pada peserta didik dengan hambatan intelektual. ***** This research aims to improve the results of learning summation mathematics using media intelligence sticks in students with class VI intellectual barriers at SLBN 5 West Jakarta. This research uses the Class Action Research method using the Kemmis & Mc model. Taggart. With the stages of planning, implementation of Action and observation and reflection. Data collection techniques are carried out with tests and observations. The results of the study showed that from the initial ability, the four students got a score of 45 for Ai, a score of 40 for Ma, a score of 25 for Na, and a score of 40 for Sa. The four students are still not very familiar with the concept of addition and when adding, they still use fingers so that students are only able to do additions with maximum results. Then from the results of the I cycle evaluation, students experienced an increase but not in accordance with the specified improvement criteria, an increase of 15 points for Ai, 15 points for Ma, 15 points for Na and 20 for Sa. The increase can be seen from the ability of students to calculate summation with a maximum result above 10, the four students have been able to use the media intelligence stick in doing the sum, but the students are still not careful in using it, while in cycle II, the results obtained by the four students with class VI intellectual barriers have increased the addition and have reached the criteria of completeness. When improvements have been made to the teacher's plan to exemplify students to take sticks one by one carefully, the four students have been able to use the media intelligence stick well and carefully so that the mistakes in summing are greatly reduced, it shows that the media intelligence stick is able to improve the results of learning mathematics in students with intellectual obstacles.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Marja, M.Pd. ; 2). Dr. Indra Jaya, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 21160 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:27
Last Modified: 29 Jan 2024 02:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43503

Actions (login required)

View Item View Item