MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, DAN REVIEW (SQ3R) PADA SISWA HAMBATAN PENDENGARAN KELAS XI DI SLBN 5 JAKARTA

CHEZA DEVINA FIRDA MISWARI, . (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, DAN REVIEW (SQ3R) PADA SISWA HAMBATAN PENDENGARAN KELAS XI DI SLBN 5 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman melalui metode survey, question, read, recite, dan review (SQ3R) pada siswa hambatan pendengaran kelas XI di SLBN 5 Jakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa hambatan pendengaran kelas XI di SLBN 5 Jakarta sebanyak 8 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model dari Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes tulis membaca pemahaman. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil belajar membaca pemahaman mengalami peningkatan berdasarkan dari nilai rata-rata kemampuan awaladalah 46, nilai rata-rata siklus I adalah 64, dan nilai rata-rata siklus II adalah 82. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa metode SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman pada siswa hambatan pendengaran kelas XI di SLBN 5 Jakarta. Oleh sebab itu, diharapkan guru dapat menerapkan metode SQ3R dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa hambatan pendengaran. ***** This research aims to increase the result of learning reading comprehesnsion through survey, question, read, recite, and review (SQ3R) method on hearing impairment student grade XI in SLBN 5 Jakarta. The subject of this research was 8 hearing impairment students grade XI in SLBN 5 Jakarta. This research is a Classroom Action Research (CAR) by using the model from Kemmis and McTaggart which consists of planning, acting and observing, and reflecting. The data collection technique was interview, observation, documentation, and written test of reading comprehension. The data analysis technique was quantitative descriptive. The result of learning reading comprehension is increase based on the average score from the outset ability is 46, the average score from the cycle I is 64, the average score from the cycle II is 82. Based on the research is conducted, it can be concluded that SQ3R method increase the result of reading comprehension on hearing impairment student grade XI in SLBN 5 Jakarta. Therefore, it is expected that teachers can apply the SQ3R method in learning reading comprehension on hearing impairment student.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Lalan Erlani, M.Ed. ; 2). Dr. Murni Winarsih, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 21285 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:39
Last Modified: 29 Jan 2024 02:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43508

Actions (login required)

View Item View Item