MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN MELALUI LATIHAN SENSORI INTEGRASI PADA SISWA DENGAN AUTISME KELAS IV DI SLB C AUTISMA TALITAKUM JAKARTA

YETTI RACHMAWATI, . (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN MELALUI LATIHAN SENSORI INTEGRASI PADA SISWA DENGAN AUTISME KELAS IV DI SLB C AUTISMA TALITAKUM JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (144kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan melalui latihan Sensori Integrasi pada siswa kelas IV dengan autisme di SLB C Autisma Talitakum Jakarta. Subjek penelitian sebanyak 3 orang. Penelitian ini menggunakan model penelitian Hopkins dimana peneliti menemukan permasalahan pada kurangnya keterampilan menulis permulaan dimana keterampilan menulis permulaan siswa kelas IV tidak sesuai dengan capaian pembelajaran fase B. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 2 siklus yang diawali dengan (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Masing masing siklus terdiri dari 6 kali pertemuan tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata rata nilai keterampilan menulis permulaan pada tes awal yaitu 52.67 mengalami peningkatan di akhir siklus I menjadi 69.95 dan meningkat pula pada tes akhir siklus II dengan memperoleh nilai rata rata 88.89. Berdasarkan data tersebut maka dinyatakan bahwa latihan Sensori Integrasi dapat meningkatkan keterampilan menulis permula pada siswa dengan autisme. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui bahwa latihan Sensori Integrasi dapat dilakukan sebagai bagian dari pembelajaran untuk dapat mengembangkan keterampilan menulis permulaan siswa kelas IV dengan autisme. ***** This classroom action research aims to improve initial writing skills of grade IV elementary school through Sensory Integration exercises for students with autism at SLB C Autisma Talitakum Jakarta. The research subjects were 3 students. This research uses the Hopkins research model where researchers find problems in the lack of initial writing skills where the initial writing skills of grade IV elementary school do not match the learning outcomes of phase B. This research was conducted using 2 cycles starting with (1)planning, (2)action, (3 )observation and (4) reflection. Each cycle consists of 6 class action meetings. The research results showed that the average initial writing skill score in the initial test was 52.67, which increased at the end of cycle I to 69.95 and also increased in the final test of cycle II, obtaining an average score of 88.89. Based on this data, it is stated that Sensory Integration training can improve initial writing skills in students with autism. Therefore, teachers need to know that Sensory Integration exercises can be carried out as part of learning to develop the beginning writing skills of grade IV students with autism.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Suprihatin, M.Ed., Ed.D. ; 2). Dr. M. Arif Taboer M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 21242 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:52
Last Modified: 29 Jan 2024 02:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43513

Actions (login required)

View Item View Item