JOSITA EVANTY, . (2023) PENGUKURAN EFEKTIVITAS PEMAHAMAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI MOTION GRAPHIC PADA MATERI ELEMEN DESAIN GRAFIS DI SMK NEGERI 1 KOTA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (859kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (249kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas pemahaman siswa terutama pada short-term memory dalam proses pembelajaran terkait dengan materi Elemen Desain Grafis pada video animasi motion graphic di SMK Negeri 1 Kota Bekasi. Desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-postest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Multimedia SMK Negeri 1 Kota Bekasi pada tahun ajaran 2023/2024 dengan total keseluruhan 72 siswa. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XI Multimedia A yang akan diterapkan dengan media pembelajaran video animasi Motion graphic yang berjumlah 36 siswa dan kelas XI Multimedia B yang akan diterapkan dengan media pembelajaran explainer video berbasis PowerPoint yang berjumlah 36 siswa. Dengan total keselurahan adalah 72 siswa. Hasil peneliian yang diperoleh pada kedua kelas tersebut melalui analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif didapatkan rata-rata hasil post-test materi Elemen Desain Grafis menggunakan video animasi motion graphic yaitu 78 sedangkan rata-rata hasil post-test materi Elemen Desain Grafis menggunakan explainer video berbasis PowerPoint yaitu 65. Berdasarkan analisis statistik inferensial didapatkan hasil uji normalitas pre-test dan post-test seluruh kelas berdistribusi normal. Hasil analisis homogenitas menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh 0,319 (0,319 > 0,05) yang berarti terdapat homogenitas varian terhadap kedua kelas yang dilakukan perlakuan dengan menggunakan video animasi motion graphic dan explainer video berbasis PowerPoint. Lalu, untuk uji hipotesis didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti nilai signifikansi tersebut kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05). H0 berada pada area penolakan yang dapat diartikan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil post-test menggunakan video animasi motion graphic dengan hasil post-test menggunakan explainer video berbasis PowerPoint. Pencapaian hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (XI Multimedia A) yang diajar dengan menggunakan video animasi motion graphic lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (XI Multimedia B) yang diajar menggunakan explainer video berbasis PowerPoint. Maka, dapat disimpulkan bahwa video animasi motion graphic terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terutama pada short term memory dalam proses pembelajaran pada materi elemen desain grafis. Kata kunci: Pemahaman Siswa, Motion graphic, Explainer Video PowerPoint, Elemen Desain Grafis ***** This research purposes is to measure the effectiveness of students comprehension, especially in short-term memory, in the learning process related to Graphic Design Elements material in motion graphic animation videos at SMK Negeri 1 Bekasi. The research design used was a pretest-posttest nonequivalent control group design. The population in this study were 11th grade students majoring in Multimedia at SMK Negeri 1 Bekasi in the 2023/2024 academic year with a total of 72 students. The sample for this research was taken from two classes, that is 11th grade of Multimedia A which will be applied with Motion graphic animated video learning media, totaling 36 students and is 11th grade of Multimedia B which will be implemented with PowerPoint-based explainer video learning media, totaling 36 students. So, with a total of 72 students. The research results obtained in these two classes were through descriptive statistical analysis and inferential statistics. The results of the descriptive analysis showed that the average post-test result for Graphic Design Elements material using motion graphic animated videos was 78, while the average post-test result for Graphic Design Elements material using PowerPoint-based explainer videos was 65. Based on inferential statistical analysis, the normality test results were obtained. The pre-test and post-test for all classes are normally distributed. Results Homogeneity analysis shows that the significance value obtained is 0.319 (0.319 > 0.05), which means that there is homogeneity of variance in the two classes that were treated using animated motion graphic videos and PowerPoint-based explainer videos. Then, to the hypothesis test, a significance value of 0.000 is obtained, which means the significance value is less than 0.05 (0.000 < 0.05). So, it can be concluded that H0 is in the rejection area, which can be interpreted as a significant difference between the post-test results using motion graphic animation videos and the post-test results using PowerPoint-based explainer videos. So, it can be concluded that motion graphic animation videos have proven effective in increasing students' understanding, especially in short term memory, in the learning process regarding graphic design elements. Keywords: Student Comprehension, Motion graphic, Explainer Video PowerPoint, Graphic Design Elements
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Hamidillah Ajie, S.Si, M.T. ; 2). Murien Nugraheni, S.T., M.Cs. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer |
Depositing User: | Users 21177 not found. |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 00:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 00:13 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43522 |
Actions (login required)
View Item |