PENGEMBANGAN VIDEO BERSERI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG POLA ASUH BERBASIS HOLISTIK INTEGRATIF PADA KADER BKB NUSA INDAH II.

RAIHAANA XAVIERA, . (2023) PENGEMBANGAN VIDEO BERSERI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG POLA ASUH BERBASIS HOLISTIK INTEGRATIF PADA KADER BKB NUSA INDAH II. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran video berseri untuk meningkatkan pengetahuan pola asuh berbasis holistik integratif. (2) mengetahui tingkat kelayakan media video berseri untuk meningkatkan pengetahuan pola pengasuhan holistik integratif. Metode penelitian ini menggunakan metode Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) serta model yang digunakan dalam proses pengembangan media pembelajaran video berseri untuk meningkatkan pengetahuan Pola asuh berbasis holistik integratif menggunakan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan melalui 6 pokok tahapan. Sumber data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif sebagai data pokok dan data kualitatif berupa saran dari responden sebagai data tambahan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi dengan subyek penelitian 7 kader BKB HI Nusa Indah II. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa: (1) Pengembangan media pembelajaran video berseri meningkatkan pengetahuan pola asuh berbasis holistik integratif melalui tahapan konsep, perancangan, pengumpulan bahan materi, pembuatan, pengujian dan distribusi, (2) Kelayakan media pembelajaran video berseri pola asuh berbasis holistik integratif berdasarkan ahli media masuk dalam kategori baik dengan rata-rata 4.13 dengan presentasi kualitas media 83.6%. berdasarkan ahli materi masuk dalam kategori baik dengan rata-rata nilai 3.83 dan persentase kualitas 76%. Berdasarkan uji coba responden, media pembelajaran video berseri ini masuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata nilai keseluruhan 4.38 dengan persentase kualitas 88.5%. Maka dari itu berdasarkan hasil penilaian ahli media, ahli materi, dan responden media pembelajaran video berseri ini dinilai layak dan efektif digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran pola asuh berbasis holistik integratif. (3) Perubahan pengetahuan dari kader BKB HI Nusa Indah II RW 11 dilihat dari nilai Pre-Test sebesar 40.8 dan nilai Post-Test sebesar 89.5, maka terdapat peningkatan pengetahuan sebesar 48.2%. ***** This study aims to: (1) develop a serialized video learning media to enhance knowledge of holistic integrative parenting patterns. (2) determine the suitability level of the serialized video media to enhance understanding of holistic integrative parenting patterns. The research methodology employed is the Research and Development (R&D) method utilizing the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) model through six fundamental stages in the development process. Data sources collected consist of quantitative data as primary information and qualitative data, such as feedback from respondents, as additional information. Data collection techniques involve interviews and documentation with a focus on 7 BKB HI Nusa Indah II cadres as research subjects. The findings of this study reveal that: (1) The development of serialized video instructional media enhances knowledge of holistic integrative parenting patterns through stages including conceptualization, design, material collection, production, testing, and distribution. (2) The suitability of serialized video instructional media for holistic integrative parenting patterns, as assessed by media experts, falls into the 'good' category with an average score of 4.13 and a media quality presentation of 83.6%. Material experts rated it as 'good' with an average score of 3.83 and a quality percentage of 76%. Based on respondent trials, the serialized video instructional media falls into the 'very good' category with an overall average score of 4.38 and a quality percentage of 88.5%. Hence, considering the assessments by media experts, material experts, and respondents, this serialized video instructional media is deemed suitable and effective in supporting holistic integrative parenting learning activities. (3) Knowledge improvement among the BKB HI Nusa Indah II RW 11 cadres is evident from the Pre-Test score of 40.8 and the Post-Test score of 89.5, signifying a knowledge increase of 48.2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sri Koeswantono W., M.Si. ; 2). Intan Purnama Dewi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 21380 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:07
Last Modified: 29 Jan 2024 04:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43539

Actions (login required)

View Item View Item