MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE MONTESSORI BAGI SISWA DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL KELAS VI DI SLB-C ANGKASA

FEBRINA HURIA RAHMA ZEIN, . (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE MONTESSORI BAGI SISWA DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL KELAS VI DI SLB-C ANGKASA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode Montessori dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi siswa dengan hambatan intelektual di kelas VI SLB-C Angkasa. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan delapan pertemuan setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini merupakan tiga siswa dengan hambatan intelektual ringan kelas VI SLB-C Angkasa yang telah mengenal huruf. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes kinerja. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa melalui metode Montessori. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata pada tiap siklus yaitu pada kondisi awal dengan nilai rata-rata sebesar 37.92, pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 73,56 dan setelah siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 88,50. Metode Montessori membantu siswa untuk mengenal bentuk serta bunyi huruf vokal dan konsonan, membaca suku kata, juga membaca suku kata berpola kv dengan berbantuan media pembelajaran. ***** This research aims to improve students’ early reading skills through the Montessori method in reading activities for students with mild intellectual disabilities in 6th grade at SLB-C Angkasa. This research was carried out from July 2023 to August 2023. This research used the CAR (Classroom Action Research) method with the Kemmis and McTaggart model which was carried out over two cycles consisting of 8 cycle per meetings. The subjects in this research were three students with mild intellectual disabilities in 6th grade who already knew letters. Data collection was carried out by means of observation and performance test. The results of the research showed that there was an increase in students' early reading skills as evidenced by the average score which continued to increase in the initial condition of 37.92 and after cycle II it was 88.50. Students can recognize letter shapes and sounds, read syllables, and read two targeted syllables assisted with learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc. ; 2). Dr. Hartini Nara, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 21055 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:29
Last Modified: 29 Jan 2024 04:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43540

Actions (login required)

View Item View Item