UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)

NILAM AZFIAH, . (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (886kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV di SDN Kampung Melayu 01 Pagi Jakata Timur dengan menggunakan model pembelajaran CIRC. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV pada semester I tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 32 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart dengan empat tahap setiap siklusnya, yaitu perenanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui hasil pemantau tindakan, catatan lapangan, dan tes evaluasi, serta pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi yang diambil pada saat proses pembelajaran. Hasil kemampuan membaca pemahaman yang diperoleh pada siklus I adalah 56,3% dan siklus II 90,6%. Adapun presentase rata-rata data pemantau tindakan siklus I, yakni, aktivitas guru sebesar 73,3% dan aktivitas siswa sebesar 71,7%. Presentase rata-rata siklus II, yakni aktivitas guru sebesar 95% dan aktivitas siswa 91,7%. Dengan demikian pembelajaran dengan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV dan model pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Kampung Melayu 01 Pagi Jakarta Timur. ***** The purpose of this research was to improve the reading comprehension skills of grade IV students at SDN Kampung Melayu 01 Pagi Jakata Timur using the CIRC learning model. The subjects of this research were grade IV students in the first semester of the 2023/2024 academic year, totaling 32 students. The research method used is classroom action research using the Kemmis and McTaggart model with four stages each cycle, namely planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques through the results of action monitors, field notes, and evaluation tests, as well as data collection using documentation taken during the learning process. The results of reading comprehension obtained in cycle I were 56.3% and cycle II 90.6%. The average percentage of data monitoring cycle I actions, namely, teacher activity is 73.3% and student activity is 71.7%. The average percentage of cycle II, namely teacher activity is 95% and student activity is 91.7%. Learning with the CIRC learning model can improve the reading comprehension of grade IV students and this learning model can be used as an alternative to improve the reading comprehension of grade IV students of SDN Kampung Melayu 01 Pagi Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Fahrurrozi, M.Pd. ; 2). Linda Zakiah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 21185 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2024 05:07
Last Modified: 29 Jan 2024 05:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43543

Actions (login required)

View Item View Item