MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN MEDIA FLASHCARD PADA PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL KELAS III DI SLB NEGERI 7 JAKARTA

KHURATUL AINI, . (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN MEDIA FLASHCARD PADA PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL KELAS III DI SLB NEGERI 7 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (936kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (476kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media flashcard melalui permainan pada peserta didik kelas III SDLB hambatan Intelektual yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2023 sampai dengan September 2023. Fokus penelitian adalah peningkatan keterampilan membaca permulaan dalam pengenalan huruf konsonan, membaca suku kata dan kata. Subjek penelitian adalah peserta didik hambatan intelektual kelas III SDLB Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Taggart yang setiap siklusnya terdiri dari 3 tahap, yaitu tahap perencanaan, tindakan dengan pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang terdiri dari 6 pertemuan pada setiap siklusnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Hasil tindakan pada siklus I sebesar 20%, dan pada siklus II meningkat menjadi 50%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penelitian ini mengalami peningkatan sebesar 50%, yang terlihat adanya peningkatan mulai dari pra siklus, siklus I, dan siklus II serta pada proses pembelajaran peserta didik terlihat aktif dan cukup antusias menggunakan media flashcard. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada peserta didik hambatan intelektual kelas III di SLB Negeri 7 Jakarta. ***** This research aims to improve initial reading skills using flashcard media through games for class III SDLB Intellectual Challenge students which will be held from August 2023 to September 2023. The focus of the research is improving reading skills in recognizing consonants, reading syllables and words. The research subjects were students with intellectual disabilities class III SDLB. This research is classroom action research (Classroom Action Research) using the Kemmis and Taggart model research design, each cycle consisting of 3 stages, namely the planning stage, action with observation, and reflection. This research was carried out in 2 cycles consisting of 6 meetings in each cycle. Data collection was carried out using test instruments and observation sheets. The results of the action in cycle I were 20%, and in cycle II it increased to 50%. The results of the research show that this research has experienced an increase of 50%, which can be seen from the pre-cycle, cycle I, and cycle II and in the learning process students appear active and quite enthusiastic about using flashcard media. The conclusion from the results of this research is that the use of flashcard media can improve initial reading skills in class III students with intellectual disabilities at SLB Negeri 7 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Indra Jaya, M.Pd. ; 2). Hartini Nara, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 21255 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:45
Last Modified: 29 Jan 2024 03:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43564

Actions (login required)

View Item View Item