MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRA-MEMBACA BRAILLE MELALUI LATIHAN TAKTIL MANGOLDPADA PESERTA DIDIK HAMBATAN PENGLIHATAN (Penelitian Tindakan Kelas Peserta Didik Hambatan Penglihatan Kelas VI-B di SLB-A Pembina Tingkat Nasional)

HAMIDA NURUL ISTIQOMAH, . (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRA-MEMBACA BRAILLE MELALUI LATIHAN TAKTIL MANGOLDPADA PESERTA DIDIK HAMBATAN PENGLIHATAN (Penelitian Tindakan Kelas Peserta Didik Hambatan Penglihatan Kelas VI-B di SLB-A Pembina Tingkat Nasional). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu konsekuensi dari hilangnya fungsi penglihatan adalah anak tunanetra harus membaca menggunakan perabaan (Braille). Tunanetra harus menguasai kemampuan awal (pra-membaca) sebagai modal untuk menguasai kemampuan membaca dan menulis Braille. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penggunaan metode Mangold dalam meningkatkan kemampuan pra-membaca Braile siswa tunanetra. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan di kelas VI-B, SLB-A Pembina Tingkat Nasional yang melibatkan dua siswa tunanetra yaitu D (laki-laki) dan R (perempuan), Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan selama proses tindakan dan akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan taktil Mangold dapat meningkatkan kemampuan pra-membaca Braille khususnya dalam aspek gerakan tangan yang ringan, koordinasi jari tangan, dan kepekaan dalam meraba. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah pelajaran dengan latihan taktil Mangold dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pra-membaca Braille. ***** One of the consequences of the loss of vision is that blind children must read using touch (Braille). The blind must master the initial ability (pre-reading) as an asset to master the ability to read and write Braille. This research aims to find out how the process of using the Mangold method in improving the pre-reading ability of Braille blind students. This research method uses Classroom Action Research (PTK) with the Kemmis and Mc Taggart model. The research was conducted in class VI-B, SLB-A Pembina Tingkat Nasional involving two blind students namely D (male) and R (female), Data collection was carried out through observations during the action process and the end of the cycle. The results showed that Mangold tactile exercises can improve Braille pre-reading skills, especially in the aspects of light hand movements, finger coordination, and sensitivity in touching. The implication of the results of this study is that lessons with Mangold tactile exercises can be used to improve Braille pre-reading skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Asep Supena, M.Psi. ; 2). Marja, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 21075 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2024 05:11
Last Modified: 29 Jan 2024 05:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43580

Actions (login required)

View Item View Item