EVALUASI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI SMA NEGERI 71 JAKARTA

GAYUS SADARMAN TAFONAO, . (2024) EVALUASI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI SMA NEGERI 71 JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Program Sekolah Penggerak (PSP) di SMA Negeri 71 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, & Product) karena untuk mendapatkan informasi dan gambaran pelaksanaan Program Sekolah Penggerak di SMA Negeri 71 Jakarta secara komprehensif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi implementasi program sekolah penggerak di SMA Negeri 71 Jakarta meliputi: (1) hasil evaluasi konteks; sebagai Sekolah Penggerak menerapkan Kurikulum Operasional Sekolah (KOS) untuk mempersiapkan lulusan yang berkualitas. KOS yang dikembangkan oleh Tim Pengembang Kurikulum, Pengembangan Kurikulum Merdeka dengan memperhatikan zona lokasi tempat tinggal guru, tenaga kependidikan dan peserta didik; (2) Hasil Evaluasi Input; sebagai program transformasi pembelajaran bagi peserta didik agar mencapai tujuan sekolah yaitu menciptakan lulusan yang berkualitas dengan melibatkan semua guru dan orangtua peserta didik dalam proses pembelajaran; (3) Hasil Evaluasi Proses; menunjukan bahwa SMA Negeri 71 Jakarta melakukan kegiatan ekstra dan intrakurikuler dalam kurikulum merdeka dan pembelajaran P5 (Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila). (4) Hasil Evaluasi Product, menunjukkan bahwa dengan adanya Program Sekolah Penggerak di SMA Negeri 71 Jakarta memberikan dampak positif bagi siswa maupun guru. Salah satunya adalah dengan adanya program sekolah penggerak guru SMA Negeri 71 Jakarta menjadi praktik dibeberapa sekolah dalam rangka mensosialisasikan Kurikulum Merdeka, dan untuk siswa memperoleh prestasi dimana masuk dalam kategori literasi dan numerasi tingkat provinsi, menjalin kerjasama dengan Prestasi Junior Indonesia dalam melaksanakan P5, dan lain sebagainya. ***** This research aims to evaluate the implementation of the Penggerak School Program at SMA Negeri 71 Jakarta. This research uses descriptive qualitative methods using the CIPP evaluation model (Context, Input, Process, & Product) because to get information and a comprehensive overview of the implementation of the Penggerak School Program at SMA Negeri 71 Jakarta. Data collection techniques use observation, interviews and documentation studies. Data analysis includes data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this research indicate that the evaluation of the implementation of the driving school program at SMA Negeri 71 Jakarta includes: (1) context evaluation results; as a Penggerak School implementation the School Operational Curriculum (KOS) to prepare quality graduates. KOS developed by the Curriculum Development Team, Independent Curriculum Development by taking into account the location zone where teachers, education staff and students live; (2) Input Evaluation Results; as learning transformation program for students to achieve school goals, namely creating quality graduates by involving all teachers and parents of students in the learning process; (3) Process Evaluation Results; shows that SMA Negeri 71 Jakarta extra and intracurricular activities in the independent curriculum and P5 learning (Strengthening Pancasila Student Profile Project). (4) Product Evaluation Results show that the Penggerak School Program at SMA Negeri 71 Jakarta has had a positive impact on students and teachers. One of them is the existence of a school program to encourage teachers at SMA Negeri 71 Jakarta to become a practice in several schools in order to socialize the Independent Curriculum, and for students to obtain achievements which are included in the literacy and numeracy categories at the provincial level, collaborating with Indonesian Junior Achievement in implementing P5, and others. etc

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1. Dr. Sugiarto, M.A 2. Dr. Siti Rochanah, M.M
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Gayus Sadarman Tafonao .
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:16
Last Modified: 29 Jan 2024 04:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43596

Actions (login required)

View Item View Item