ANALISIS DESKRIPTIF PERENCANAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @INDONESIABAIK.ID DALAM UPAYA MENCEGAH HOAKS PEMILIHAN UMUM 2024

MUHAMMAD KURNIA AGUNG, . (2024) ANALISIS DESKRIPTIF PERENCANAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @INDONESIABAIK.ID DALAM UPAYA MENCEGAH HOAKS PEMILIHAN UMUM 2024. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (657kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Muhammad Kurnia Agung (1410619023), Analisis Deskriptif Perencanaan Media Sosial Instagram @indonesiabaik.id dalam Upaya Mencegah Hoaks Pemilihan Umum 2024, Skripsi, Jakarta, 2024 : 178 Halaman; 14 Buku; 26 Jurnal; 6 Situs. Kehadiran Instagram sebagai media sosial dimanfaatkan sebagai media komunikasi dan media informasi karena mudah dan masifnya penggunaan Instagram sampai saat ini. Berkaitan dengan tahun politik dan memasuki pemilihan umum 2024 serta mudah dan masifnya pengguna Instagram, membuat informasi yang tersebar rawan akan penyebaran hoaks. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perencanaan media sosial Instagram @indonesiabaik.id dalam upaya mencegah hoaks pemilihan umum 2024. Dalam meneliti hal tersebut, peneliti menggunakan teori media baru. Penelitian ini memiliki satu variabel yaitu perencanaan media sosial yang memiliki enam dimensi sesuai dengan enam langkah perencanaan media sosial yaitu riset dan diagnosis, tujuan, strategi, taktik, implementasi, anggaran, dan garis waktu, dan pelaporan dan evaluasi. Paradigma yang digunakan adalah konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Strategi penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan unit analisis individu sebagai informan dalam memperoleh data. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan tiga informan dan satu informan kunci. Penggalian data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi dengan mereduksi data menggunakan pengkodean terbuka dan uji keabsahan data dengan uji konfirmabilitas. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa @indonesiabaik.id melakukan perencanaan media sosial Instagram dalam upaya mencegah hoaks pemilihan umum 2024 sesuai dengan enam langkah perencanaan media sosial yaitu riset dan diagnosis, tujuan, strategi, taktik, implementasi, anggaran, dan garis waktu, dan pelaporan dan evaluasi serta sesuai dengan teori media baru, hal tersebut dilihat dari pernyataan setiap informan dalam hasil wawancara mendalam yang sesuai dengan hasil observasi dan dokumentasi yang ada, data yang diperoleh dari setiap informan dalam hasil wawancara mendalam saling terkonfirmasi dengan uji keabsahan data konfirmabilitas. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa media sosial Instagram @indonesiabaik.id telah melakukan perencanaan media sosial Instagram dalam upaya mencegah hoaks pemilihan umum 2024 sesuai dengan enam langkah perencanaan media sosial dan teori media baru. Saran peneliti untuk tim @indonesiabaik.id adalah untuk melakukan riset sekunder, menentukan tujuan khusus, menjangkau lebih luas lapisan masyarakat, mempertimbangkan anggaran, menyusun skala prioritas, dan melakukan pelacakan langsung. Kata Kunci: Media Baru, Perencanaan Media Sosial, Hoaks *********** ABSTRACT Muhammad Kurnia Agung (1410619023), Descriptive Analysis of Social Media Planning Instagram @indonesiabaik.id in Efforts to Prevent Hoaxes in the 2024 General Election, Thesis, Jakarta, 2024 : 178 Pages; 14 Books; 26 Journals; 6 Sites. The presence of Instagram as social media is used as a communication and information medium because of the ease and massive use of Instagram to date. In connection with the political year and entering the 2024 general election, as well as the ease and massiveness of Instagram users, making the information spread vulnerable to the spread of hoaxes. This research was conducted to find out how social media Instagram @indonesiabaik.id is planned in an effort to prevent hoaxes in the 2024 general election. In researching this, researchers used new media theory. This research has one variable, namely social media planning which has six dimensions according to the six steps of social media planning, namely research and diagnosis, objectives, strategy, tactics, implementation, budget and timeline, and reporting and evaluation. The paradigm used is constructivism with a qualitative approach. This research strategy is descriptive qualitative with the individual analysis unit as the informant in obtaining data. The sampling technique used was non-probability sampling with three informants and one key informant. Data mining was carried out through in-depth interviews, observation, and documentation by reducing data using open coding and testing the validity of the data using confirmability tests. The results of this research show that @indonesiabaik.id carried out Instagram social media planning in an effort to prevent hoaxes in the 2024 general election in accordance with the six steps of social media planning, namely research and diagnosis, objectives, strategy, tactics, implementation, budget and timeline, and reporting and evaluation and in accordance with the new media theory, this can be seen from the statements of each informant in the results of in-depth interviews which are in accordance with the results of existing observations and documentation, data obtained from each informant in The results of the in-depth interviews were mutually confirmed by testing the validity of the confirmability data. The conclusion from the research results is that social media Instagram @indonesiabaik.id has carried out Instagram social media planning in an effort to prevent hoaxes from the 2024 general election in accordance with the six steps of social media planning and new media theory. The researcher's suggestions for the @indonesiabaik.id team are to conduct secondary research, determine specific objectives, reach wider levels of society, consider the budget, set a priority scale, and carry out direct tracking. Keywords: New Media, Social Media Planning, Hoax

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dini Safitri, M.Si. ; 2). Marisa Puspita Sary, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 21401 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2024 01:45
Last Modified: 30 Jan 2024 01:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43666

Actions (login required)

View Item View Item