AURA PUTRI, . (2024) MODIFIKASI PERILAKU SISWA AUTIS DALAM PEMBELAJARAN JENJANG SEKOLAH DASAR MELALUI TOKEN ECONOMY (Studi Deskriptif Kualitatif di SLB Maitri School). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 BAB 1.pdf Download (715kB) |
|
Text
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (809kB) | Request a copy |
|
Text
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) | Request a copy |
|
Text
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (713kB) |
|
Text
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Token economy merupakan salah satu teknik dalam memodifikasi perilaku siswa autis. Token economy dicirikan sebagai sistem penguatan untuk perilaku yang dikelola dan diubah. Untuk menaikkan dan menurunkan perilaku, seseorang harus diberi penghargaan atau diberikan penguatan. Siswa akan diberikan reinforcer/reward sebagai penguatan untuk meningkatkan perilaku yang diinginkan dan mengurangi perilaku yang tidak diinginkan. Reward yang diberikan akan memberikan kepuasan pada apa yang telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi modifikasi perilaku melalui Token economy di SLB Maitri School. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik validitas internal. Hasil dalam penelitian ini adalah dalam proses perencanaan guru menyiapkan perangkat pembelajaran dan menganalisis jumlah token serta menentukan reinforcer untuk siswa. Dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan Token economy, ada beberapa sistem yang diperhatikan yakni: a). memberikan feedback saat memberikan token pada siswa seperti; b). Papan Token economy terlihat oleh siswa; c). mengeluarkan semua token dari papan token, setiap kali sesi baru dimulai; d). Konsisten dalam memberikan token; e). Kecepatan dalam memberikan token. Pada SLB Maitri School evaluasi modifikasi perilaku yang menjadi tujuan telah terprogram dalam Individualized Educational Program (IEP) siswa. Pada program IEP SLB Maitri School menurunkan pada IEP Break. Dalam mengevaluasi perilaku menganggu siswa SLB Maitri School menggunakan Tabel Analog Behavior Recording. Tabel ini dapat menggambar fungsi behavior siswa untuk memberikan intervensi selanjutnya atau menentukan behavior sebagai alternatif atau incompatible. ***** Token economy is one technique for modifying the behavior of autistic students. Token economy is characterized as a system of reinforcement for managed and changed behavior. To increase or decrease behavior, a person must be rewarded or given reinforcement. Students will be given reinforcer/reward as reinforcement to increase desired behavior and reduce undesirable behavior. The reward given will give satisfaction to what has been done. This research aims to determine the process of planning, implementing, and evaluating behavior modification through economy di SLB Maitri School. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. The data collection techniques used were observation, interviews, and document study. In this research, researchers used internal validity techniques. The results of this research are that in the planning process, the teacher prepares learning tools analyzes the number of tokens, and determines for students. In implementing learning using a token economy, there are several systems to pay attention to, namely: a). give feedback when giving tokens to students such as; b). BoardToken economy visible to students; c). removing all tokens from the token board, each time a new session is started; d). Consistent in providing tokens; e). Speed in providing tokens. At SLB Maitri School, evaluation of behavior modification as a goal has been programmed in Individualized Educational Program (IEP) students. In the IEP program, SLB Maitri School lowers the IEP Break. In evaluating the disruptive behavior of Maitri School SLB students using TableAnalog Behavior Recording. This table can draw functions for students to provide further or decisive intervention as an alternative or orincompatible.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Lalan Erlani, M.Ed. ; 2). Dra. Siti Nuraini Purnamawati, M.Sp.Ed. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Khusus Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 21433 not found. |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 00:00 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 00:00 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43702 |
Actions (login required)
View Item |