HUBUNGAN PENERIMAAN SOSIAL DENGAN DUKUNGAN SOSIAL SISWA REGULER PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS

FAUZIA LAZUARDI DAMAS, . (2024) HUBUNGAN PENERIMAAN SOSIAL DENGAN DUKUNGAN SOSIAL SISWA REGULER PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara penerimaan sosial dengan dukungan sosial siswa reguler pada siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Pengumpulan data penelitian dilakukan dari bulan Agustus 2023 sampai September 2023 dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 209 siswa reguler di SMPN 259 Jakarta kelas 7, 8, dan 9 yang di kelasnya terdapat siswa berkebutuhan khusus. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,817 > 0,05, artinya terdapat hubungan penerimaan sosial dengan dukungan sosial siswa reguler pada siswa berkebutuhan khusus dengan tingkat keeratan sangat erat. Berdasarkan hasil uji signifikansi korelasi, diperoleh nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara penerimaan sosial dengan dukungan sosial. Nilai koefisien determinasi menunjukan hasil R Square sebesar 0.667 yang berarti variabel penerimaan sosial memberikan konstribusi sebesar 66,7% terhadap variabel dukungan sosial. Sedangkan sebesar 33,3% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Perlu adanya sosialisasi mengenai pemberian dukungan sosial pada siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusif. Selain itu, perlu adanya sosialisasi untuk meningkatkan penerimaan sosial dari berbagai pihak baik guru maupun siswa reguler untuk kesuksesan penyelenggaraan pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusif.*****This study aims to analyze the relationship between social acceptance and regular students social support for students with special needs. This study uses a correlational quantitative approach. Research data collection was carried out from August 2023 to September 2023 using proportionate stratified random sampling technique. The sample of this study amounted to 209 regular students at SMPN 259 Jakarta grades 7, 8, and 9 in whose classes there are students with special needs. The results showed a correlation coefficient value (r) of 0.817> 0.05, meaning that there is a relationship between social acceptance and regular students' social support for students with special needs with a very close level of closeness. Based on the results of the correlation significance test, the sig. value of 0.000 <0.05 is obtained, which means that there is a significant relationship between social acceptance and social support. The coefficient of determination shows the result of R Square of 0.667, which means that the social acceptance variable contributes 66,7% to the social support variable. While 33,3% is caused by other factors not examined by the researcher. There needs to be socialization regarding the provision of social support to students with special needs in inclusive schools. In addition, there needs to be socialization to increase social acceptance from various parties, both teachers and regular students, for the successful implementation of education for students with special needs in inclusive schools.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Muhammad Faesal, M.H., M.Pd. ; 2). Hurriyyatun Kabbaro, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 21459 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:09
Last Modified: 30 Jan 2024 02:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43707

Actions (login required)

View Item View Item