HASIL BELAJAR MATA KULIAH APRESIASI MENGHIAS KAIN PADA PEMBELAJARAN DARING

NATHANIA MELINDA NOVI, . (2023) HASIL BELAJAR MATA KULIAH APRESIASI MENGHIAS KAIN PADA PEMBELAJARAN DARING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (784kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (363kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pembelajaran daring pada hasil belajar mahasiswa mata kuliah Apresiasi Menghias Kain di program studi Pendidikan Tata Busana di Universitas Negeri Jakarta. Pembelajaran daring adalah alternatif yang diterapkan sebagai respons terhadap perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, terutama selama pandemi. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan survei, dengan fokus pada pembelajaran efektif, inovatif, mudah diikuti, keterlibatan mahasiswa, serta teknologi dan jaringan dalam pembelajaran daring. Penelitian ini memiliki sampel sebanyak 85 mahasiswa dari angkatan 2019 dan 2020 yang mengikuti mata kuliah Apresiasi Menghias Kain dalam pembelajaran daring. Teknik pengambilan data yaitu penyebaran angket dan dokumentasi, uji validitas yang digunakan adalah validitas konstruk sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring masuk kedalam kategori Baik dengan persentase sebesar 69,4%, sedangkan hasil belajar mahasiswa yang didapatkan sebesar 58,8% mendapatkan hasil Sangat Baik. Adapun aspek yang paling baik dalam proses pembelajaran daring ini adalah aspek Inovatif dengan persentase sebesar 60% dengan kategori Baik. Berdasarkan persetase tersebut menunjukkan pembelajaran daring pada mata kuliah praktek Apresiasi Menghias Kain berhasil dilaksanakn dengan menyebabkan sangat baiknya hasil belajar mahasiswa di Program Studi Pendidikan Tata Busana. **************** This research aims to analyze the impact of online learning on the learning outcomes of students taking the "Appreciation of Fabric Decoration" on course in the Fashion Education program at Jakarta State University. Online learning was an alternative implemented in response to the advancements in communication and information technology, particularly during the pandemic. The research methodology employed a descriptive qualitative approach with a survey focus on effective, innovative, easily followed learning methods, student engagement, as well as technology and networking in online learning. The study involved a sample of 85 students from the 2019 and 2020 cohorts enrolled in the "Appreciation of Fabric Decoration" course through online learning. Data collection was conducted using questionnaires and documentation, the validity test used is construct validity, while data analysis utilized descriptive statistics. The research findings indicate that online learning falls into the "Good" category with a percentage of 69.4%, while the students' learning outcomes obtained a "Very Good" rating at 58.8%. The most positive aspect of this online learning process was its innovativeness, which scored 60% in the "Good" category. Based on these percentages, it is evident that online learning in the practical course "Appreciation of Fabric Decoration" has been successfully executed, resulting in very good student learning outcomes in the Fashion Education Program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dewi Suliyanthini, AT.,M.M. ; 2). Dra. Vivi Radiona Sofyani Putri, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 21479 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2024 02:00
Last Modified: 31 Jan 2024 02:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43718

Actions (login required)

View Item View Item