STRATEGI GURU IPS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI DESKRIPTIF DI SMP NEGERI 73 JAKARTA)

NURUL KHOFIFAH, . (2024) STRATEGI GURU IPS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI DESKRIPTIF DI SMP NEGERI 73 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (690kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana bentuk-bentuk kesulitan belajar pada pembelajaran IPS yang dialami peserta didik berkebutuhan khusus, (2) mengetahui bagaimana strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik berkebutuhan khusus pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 73 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi, wawancara dasar, wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Subjek penelitian ini yaitu 3 orang guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri 73 Jakarta. Hasil yang didapat dari penelitian ini ialah: (1) peserta didik berkebutuhan khusus di SMP Negeri 73 Jakarta mengalami kesulitan belajar yakni disleksia, disgrafia, diskalkulia dan dispraksia, (2) para guru mata pelajaran IPS menggunakan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi masing-masing dari peserta didik berkebutuhan khusus. Kata Kunci : Strategi Guru, Kesulitan Belajar, Peserta Didik Berkebutuhan Khusus ************ This study aims to (1) find out the forms of learning difficulties in social studies learning experienced by students with special needs, (2) find out how the strategies used by teachers in dealing with learning difficulties of students with special needs in social studies learning at SMP Negeri 73 Jakarta. The method used is a descriptive method with a qualitative approach. The data collection techniques were observation, basic interviews, in-depth interviews, documentation, and literature study. The subjects of this study were 3 social studies teachers at SMP Negeri 73 Jakarta. The results obtained from this study are: (1) students with special needs at SMP Negeri 73 Jakarta experience learning difficulties such as dyslexia, dysgraphia, dyscalculia, and dyspraxia, (2) social studies teachers use learning strategies that are tailored to the abilities and conditions of each student with special needs. Keywords: Teacher’s Strategy, Learning Difficulties, Students with Special Needs

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Abdul Haris Fatgehipon, M.Si. ; 2). Nurul Istiqomah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 21148 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2024 02:44
Last Modified: 31 Jan 2024 02:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43719

Actions (login required)

View Item View Item