PENGARUH INTENSITAS MENONTON VIDEO TUTORIAL HAIRDO MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP HASIL BELAJAR PENATAAN RAMBUT SISWA (Studi Kasus: Siswa Student Day Tata Rias SMA PLUS PGRI Cibinong)

RICKE AGSELA TIKUASA, . (2024) PENGARUH INTENSITAS MENONTON VIDEO TUTORIAL HAIRDO MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP HASIL BELAJAR PENATAAN RAMBUT SISWA (Studi Kasus: Siswa Student Day Tata Rias SMA PLUS PGRI Cibinong). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1). Cover, Lembar Pengesahan, Halaman Pengesahan, Lembar Originalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf

Download (610kB)
[img] Text
2). Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (428kB)
[img] Text
3). Bab 2 Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB) | Request a copy
[img] Text
4). Bab 3 Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text
5). Bab 4 Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text
6). Bab 5 Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text
7). Daftar Pustaka.pdf

Download (340kB)
[img] Text
8). Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Intensitas menonton dapat dipahami sebagai tingkat keseringan (frekuensi), kualitas kedalaman menonton atau durasi serta daya konsentrasi seseorang untuk menonton. Video Tutorial merupakan suatu media yang efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa. Penggunaan media sosial TikTok telah menjadi sebuah rutinitas remaja khususnya siswa pada saat ini, Tiktok kerap digunakan sebagai media pembelajaran bagi para siswa untuk mengetahui berbagai macam informasi, pengetahuan, trend terkini, video tutorial, dan kreativitas yang ada guna meningkatkan hasil belajar pada siswa. Diharapkan pembelajaran berbasis video tutorial melalui media sosial Tiktok, materi yang sukar untuk disampaikan guru maupun dipahami oleh peserta didik dapat lebih mudah tersampaikan dan dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami suatu materi terutama pada materi penataan rambut serta berpengaruh pada hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Intensitas Menonton Video Tutorial Hairdo Melalui Media Sosial Tiktok Terhadap Hasil Belajar Penataan Rambut Siswa Student Day Tata Rias SMA Plus PGRI Cibinong. Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling yang digunakan adalah Total Population Sampling yaitu, (teknik sampel keseluruhan), yang akan dilakukan dengan seluruh siswa kelas X dan XI yang mengikuti Student Day Tata Rias sebanyak 52 orang siswa. Data diolah menggunakan Uji Regresi Linear Sederhana, Uji T, dan Uji Koefisiensi Determinasi. Berdasarkan Uji Regresi Linear Sederhana menunjukan Y = 60,294 = 0,305X dimana intensitas menonton video tutorial hairdo melalui Tiktok sebesar 0,305 berarti setiap kenaikan maka hasil belajar siswa bertambah dan Uji T didapatkan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 sehingga Ha diterima, serta nilai Uji Koefisiensi Determinasi sebesar 0.704 atau sama dengan 70.4%. Angka tersebut mengandung arti bahwa Variabel X memiliki pengaruh terhadap variabel Y sebesar 70.4% dan sisanya 29,6% di pengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Kata Kunci : Intensitas Menonton, Video Tutorial, Hairdo, Media Sosial Tiktok, Hasil Belajar. ***** ABSTRACT Intensity of watching can be understood as the level of frequency (frequency), quality of viewing depth or duration as well as the concentration power of a person to watch. Video Tutorial is an effective medium used to improve students' abilities. The use of TikTok social media has become a routine for teenagers, especially students at this time, Tiktok is often used as a learning medium for students to find out various kinds of information, , knowledge, the latest trends, video tutorials, and creativity exist to improve learning outcomes in students. It is hoped that tutorial-based learning through Tiktok social media, material that is difficult for teachers to convey and understand by students can be more easily conveyed and can increase student understanding in understanding a material, especially in hairdressing material and affect student learning outcomes. The purpose of this study was to determine the Effect of the Intensity of Watching Hairdo Tutorial Videos Through Tiktok Social Media on the Learning Outcomes of Hair Styling Students of Student Day Cosmetology SMA Plus PGRI Cibinong. The research method used is a quantitative approach with the sampling technique used is Total Population Sampling, that is, (overall sample technique), which will be carried out with all class X and XI students who take part in Student Day Cosmetology as many as 52 students. The data was processed using Simple Linear Regression Test, T Test, and Determination Coefficient Test. Based on the Simple Linear Regression Test shows Y = 60.294 = 0.305X where the intensity of watching hairdo tutorial videos via Tiktok is 0.305 means that every increase in student learning outcomes increases and the T Test obtained a significance value of 0.000 < 0.05 so that Ha was accepted, and the value of the Determination Coefficient Test was 0.704 or equal to 70.4%. This number means that Variable X has an influence on variable Y by 70.4% and the remaining 29.6% is influenced by other variables outside the study. Keywords: Watching Intensity, Video Tutorial, Hairdo, Tiktok Social Media, Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Titin Supiani, M.Pd ; 2). Drs. Lilis Jubaedah, M.Kes
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Users 21441 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:54
Last Modified: 30 Jan 2024 04:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43737

Actions (login required)

View Item View Item