PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR GENERASI Z DENGAN SELF-EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS SISWA KELAS X SMA NEGERI 79 JAKARTA)

ARUM QINANTY, . (2023) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR GENERASI Z DENGAN SELF-EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS SISWA KELAS X SMA NEGERI 79 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (422kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial dan teknologi pembelajaran ekonomi terhadap motivasi belajar pada generasi Z dengan self-efficacy sebagai variabel intervening. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 246 dengan sampel sebanyak 152 dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara dukungan sosial dengan self-efficacy (r = 0.242, p-value = 0.020), terdapat pengaruh positif dan signifikan antara teknologi pembelajaran ekonomi dengan self-efficacy (r = 0.514, p-value = 0.000), terdapat pengaruh positif dan signifikan antara dukungan sosial dan motivasi belajar dengan self-efficacy sebagai variabel intervening (r = 0.119, p-value = 0.026), terdapat pengaruh positif dan signifikan antara teknologi pembelajaran ekonomi dan motivasi belajar dengan self-efficacy sebagai variabel intervening (r = 0.253, p-value = 0.000), terdapat pengaruh namun tidak signifikan dukungan sosial dengan motivasi belajar (r = 0.054, p-value = 0.544) dan terdapat pengaruh positif dan signifikan teknologi pembelajaran ekonomi dengan motivasi belajar (r = 0.276, p-value = 0.003). kata kunci: dukunngan sosial, teknologi pembelajaran ekonomi, motivasi belajar dan self-efficacy *** This study aims to determine the effect of social support and learning technology economic on motivation in generation Z with self-efficacy as an intervening variable. In this study using a quantitative approach with a questionnaire. The total population in this study was 246 with 152 samples using purposive sampling technique. The analysis technique used in this study is the SEM-PLS method. The results showed that there was a positive influence between social support and self-efficacy (r = 0.242, pvalue = 0.020), there was a positive and significant effect between learning technology and self-efficacy (r = 0.514, p-value = 0.000), there is a positive and significant influence between social support and learning motivation with selfefficacy as an intervening variable (r = 0.119, p-value = 0.026), there is a positive and significant influence between learning technology economic and learning motivation with self-efficacy as an intervening variable ( r = 0.253, p-value = 0.000), there is an effect but not significant social support on learning motivation (r = 0.054, p-value = 0.544) and there is a positive and significant effect of learning technology economic on learning motivation (r = 0.276, p -value = 0.003). Keywords: social support, learning technology economic, learning motivation, self-Efficacy

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I., S.Pd., M.Pd ; 2). Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Arum Qinanty .
Date Deposited: 30 Jan 2024 06:02
Last Modified: 30 Jan 2024 06:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43763

Actions (login required)

View Item View Item