PENGARUH KOMUNIKASI DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP PARTISIPASI ORANG TUA SISWA DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI SD KINDERFIELD DI INDONESIA

SRI OVANINGSIH, . (2024) PENGARUH KOMUNIKASI DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP PARTISIPASI ORANG TUA SISWA DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI SD KINDERFIELD DI INDONESIA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menganalisis keterkaitan antara komunikasi, iklim organisasi dam partisipasi orang tua siswa dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Jumlah sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah 162 orang guru dan kepala sekolah yang tersebar di 11 SD Kinderfield di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Pengolahan data dan analisas data pada penelitian ini menggunakan aplikasi smartPLS-SEM. Pengujian validitas sampel dilakukan dengan convergent validity yang terdiri dari uji loading factor dan Average Variance Extracted(AVE), dan discriminat validity dengan Fornell-Larcker criterion dan cross loading. Sedangkan pengujian realibilitas menggunakan uji internal consistency berdasarkan nilai composite reliability(CR) dan nilai Cronbach Alpha. Berdasarkan hasil pengujian,semua pernyataan indikator variabel telah memenuhi kriteria validitas dan realibilitas. Pengujian hipotesis dilakukan berdasarkan hasil pengujian Inner Model (model structural) yang meliputi nilai original sample estimates(O) untuk mengetahui arah hubungan antar variabel, serta t-statistik dan parameter (p values) untuk mengetahui tingkat signifikansi hubungan tersebut. Nilai Original sample (O) atau koefisien Beta yang mendekati +1 mengindikasikan hubungan yang positif, sedangkan nilai yang mendekati -1 mengindikasikan hubungan yang negative. Nilai t-statistiks lebih dari 1,96 atau p-value yang lebih kecil dari taraf signifikansi (<0,001) mengindikasikan bahwa suatu hubungan antar variabel adalah signifikan. Hasil uji hipotesis dengan smartPLS-SEM(Structural Equation Model) menunjukan bahwa : (1) komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi orang tua siswa;(2) iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi orang tua siswa;(3) komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap iklim organisasi;serta (4) komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi orang tua siswa melalui iklim organisasi. **** This study aims to determine the relationship between communication, organizational climate, and parent participation in the provision of education in schools. The number of samples used for this study was 162 teachers and principals spread across 11 Kinderfield elementary schools in Indonesia. This research uses a quantitative approach with a survey method. Data processing and data analysis in this study used the smartPLS-SEM application. Testing the validity of the sample is done with convergent validity consisting of loading factor test and Average Variance Extracted (AVE), and discriminant validity with Fornell-Larcker criterion and cross loading. Meanwhile, reliability testing uses an internal consistency test based on the composite reliability (CR) value and Cronbach Alpha value. Based on the test results, all variable indicator statements have met the validity and reliability criteria. Hypothesis testing is carried out based on the results of testing the Inner Model (structural model) which includes the original sample estimates (O) value to determine the direction of the relationship between variables, as well as t-statistics and parameters (p values) to determine the level of significance of the relationship. Original sample (O) values or Beta coefficients close to +1 indicate a positive relationship, while values close to -1 indicate a negative relationship. A t-statistic value of more than 1.96 or a p-value smaller than the significance level (<0.001) indicates that a relationship between variables is significant. The results of hypothesis testing with smartPLS-SEM (Structural Equation Model) show that: (1) communication has a positive and significant effect on parental participation; (2) organizational climate has a positive and significant effect on parental participation; (3) communication has a positive and significant effect on organizational climate; and (4) communication has a positive and significant effect on parental participation through organizational climate.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1. Prof.Dr. Nurhattati Fuad,M.Pd ; 2. Dr. Siti Zulaikha,S.Ag., M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi
Divisions: PASCASARJANA > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 21488 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2024 04:43
Last Modified: 31 Jan 2024 04:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43887

Actions (login required)

View Item View Item