MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE CASE BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS ( STUDI PENELITIAN TINDAKAN KELAS : SISWA KELAS IX SMP NEGERI 139 JAKARTA)

LUTHFIYYAH AZZAHRA, . (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE CASE BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS ( STUDI PENELITIAN TINDAKAN KELAS : SISWA KELAS IX SMP NEGERI 139 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan metode case based learning pada mata pelajaran IPS di kelas IX SMPN 139 Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas menggunakan tiga siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus 2023. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-B yang terdiri dari 36 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada siklus 1 sebesar 44%, siklus 2 sebesar 52%, dan siklus 3 sebesar 81%. Dengan ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Case Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Metode case based learning , hasil belajar peserta didik. **** This research is conducted with the aim of improving students' learning outcomes using the case-based learning method in the Social Studies subject for 9th-grade students at SMPN 139 Jakarta. The method used in this research is the classroom action research method with three cycles. Each cycle consists of planning, action implementation, observation, and reflection. The research was conducted in July-August 2023. The research subjects were 36 students in class IX- B. The results of the research show an improvement in learning outcomes in cycle 1 by 44%, cycle 2 by 52%, and cycle 3 by 81%. It can be concluded that the implementation of the case-based learning method can improve students' learning outcomes. Keywords: Case-based learning method, students' learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Desy Safitri, M.Si. ; 2). Nova Scorviana Herminasari, M.A.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 21125 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2024 06:35
Last Modified: 31 Jan 2024 06:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44011

Actions (login required)

View Item View Item