NESYA AZZAHRA, . (2024) PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN PADA ENDORSEMENT SELEBGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BUSANA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (449kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (856kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (844kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (295kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen pada endorsement selebgram terhadap keputusan pembelian produk busana. Metode penelitian ini menggunakan metode survei pendekatan kuantitatif. Responden diambil dari populasi yaitu pria atau wanita di wilayah Jakarta dan sekitarnya yang pernah belanja online di Instagram, teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling diperoleh sampel sebanyak 120 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner sebanyak 39 pernyataan dan menggunakan skala pengukuran likert. Metode analisis data menggunakan chi square. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara persepsi konsumen pada endorsement selebgram terhadap keputusan pembelian produk busana. Indikator persepsi konsumen yang memiliki pengaruh paling tinggi adalah indikator pengertian atau pemahaman terhadap objek dengan kategori kecenderungan baik sebesar 99,2% dan indikator terendah adalah penilaian atau evaluasi individu terhadap objek sebesar 98,3%. Indikator tertinggi memiliki pengaruh paling dominan karena konsumen mendapatkan pemahaman dan informasi yang dijelaskan melalui endorsement selebgram secara baik, jujur, dan mudah dimengerti. Sedangkan indikator keputusan pembelian yang memiliki pengaruh paling tinggi adalah indikator evaluasi alternatif dengan kategori kecenderungan tinggi sebesar 99,2% dan indikator terendah adalah pengenalan masalah dan pencarian informasi sebesar 96,7%. Indikator tertinggi memiliki pengaruh paling dominan karena konsumen akan sangat berhati-hati dalam memutuskan membeli sesuatu, sehingga konsumen akan mempertimbangkan ulang produk yang akan dibeli. Maka dapat disimpulkan semakin baik persepsi konsumen pada endorsement selebgram maka semakin tinggi pula tingkat keputusan pembelian produk busana. ***** This research aims to determine the influence of consumer perceptions of celebrity endorsements on purchasing decisions for fashion products. This research method uses a quantitative approach survey method. Respondents were taken from the population, namely men or women in the Jakarta and surrounding areas who had shopped online on Instagram. The sampling technique used accidental sampling to obtain a sample of 120 respondents. Data collection was carried out using a questionnaire with 39 statements and using a Likert measurement scale. The data analysis method uses chi square. The results of the research show that there is an influence between consumer perceptions of celebrity endorsements on purchasing decisions for fashion products. The consumer perception indicator that has the highest influence is the indicator of understanding or understanding of the object with a good tendency category of 99.2% and the lowest indicator is the individual's assessment or evaluation of the object at 98.3%. The highest indicator has the most dominant influence because consumers get understanding and information that is explained through celebrity endorsements in a good, honest and easy to understand manner. Meanwhile, the purchasing decision indicator that has the highest influence is the alternative evaluation indicator with a high tendency category of 99.2% and the lowest indicator is problem recognition and information search at 96.7%. The highest indicator has the most dominant influence because consumers will be very careful in deciding to buy something, so consumers will reconsider the product they want to buy. Therefore, the better the consumer's perception of celebrity endorsements, the higher the level of decision to purchase fashion products.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Vivi Radiona Sofyani Putri, M.Pd. ; 2). Esty Nurbaity Arrsyi, S.Pd., M.KM. |
Subjects: | Manajemen > Perilaku Konsumen Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Users 21450 not found. |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 23:52 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 23:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44032 |
Actions (login required)
View Item |