PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI INTERAKSI DESA DAN KOTA KELAS XII IPA MAN 9 JAKARTA

ZAINUL ARIF, . (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI INTERAKSI DESA DAN KOTA KELAS XII IPA MAN 9 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER REPOSITORY fix.pdf

Download (958kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN watermark.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA watermark.pdf

Download (152kB)
[img] Text
LAMPIRAN (watermark).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio-visual berbasis animasi terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi interaksi desa dan kota kelas XII IPA MAN 9 Jakarta. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain Quasi Experiment. Adapun teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA dengan jumlah siswa sebanyak 108 siswa dan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan media pembelajaran animasi dalam proses pembelajaran dan kelas XII IPA 2 sebagai kelas kontrol yang akan menggunakan Power Point dalam proses pembelajaran dengan masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September – Oktober 2023. Data penelitian ini diperoleh berupa soal pre-test, post-test, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample T-test. Berdasarkan hasil pengujian, instrumen dinyatakan valid dan reliabel, serta data dinyatakan normal dan homogen. Kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan perolehan nilai rata-rata 74,3 menjadi 87,2. Sedangkan perolehan nilai rata-rata kelas kontrol dari 76,6 menjadi 75,4. Hasil analisis data juga memperoleh nilai Sig. pada uji independent sample T-test sebesar 0,002 yang berarti H₀ ditolak dan Hₐ diterima dikarenakan nilai Sig. < 0,05. Sehingga terdapat peningkatan hasil belajar kognitif kelas XII MAN 9 Jakarta setelah menggunakan media pembelajaran animasi pada materi interaksi desa dan kota. ***** This research aims to determine the influence of animation-based audio-visual learning media on the cognitive learning outcomes of students in the topic of village and city interaction for the 12th-grade Science Program at MAN 9 Jakarta. The method used is quantitative with a Quasi-Experiment design. The sampling technique employed in this study is Purposive Sampling. The population in this research comprises 108 12th-grade Science Program students, with the sample consisting of class XII IPA 1 as the experimental group using animation-based learning media and class XII IPA 2 as the control group using PowerPoint in the learning process, each class consisting of 36 students. This research was conducted in September - October 2023. The data collected for this research include pre-test, post-test, and documentation. The data analysis techniques used in this study include validity test, reliability test, normality test, homogeneity test, and independent sample T-test. Based on the test results, the instruments are declared valid and reliable, and the data are considered normal and homogenous. The experimental class experienced a significant improvement in learning outcomes, with an average score increasing from 74.3 to 87.2. Meanwhile, the average score of the control class changed from 76.6 to 75.4. The data analysis also obtained a Sig. value in the independent sample T-test of 0.002, which means H₀ is rejected, and Hₐ is accepted because the Sig. value is < 0.05. Thus, there is an improvement in the cognitive learning outcomes of 12th-grade MAN 9 Jakarta students after using animation-based learning media in the village and city interaction topic.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Samadi, M.Si ; 2) .Sony Nugratama Hijrawadi, M.Si
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 21034 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2024 04:39
Last Modified: 06 Feb 2024 04:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44079

Actions (login required)

View Item View Item