PENGEMBANGAN PERILAKU PROSOSIAL PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LABSCHOOL JAKARTA MELALUI PROGRAM LABSCHOOL STUDENT SOCIAL CARE (LABS CARE)

ZETTA ZAHRINA, . (2024) PENGEMBANGAN PERILAKU PROSOSIAL PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LABSCHOOL JAKARTA MELALUI PROGRAM LABSCHOOL STUDENT SOCIAL CARE (LABS CARE). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (821kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Remaja memiliki tugas perkembangan yang perlu dicapai, salah satunya yaitu pada aspek sosial. Pada tahap ini remaja berupaya untuk mencari dan membentuk persahabatan dengan kelompok teman sebayanya, untuk memungkinkan terciptanya penyesuaian sosial yang positif dengan teman sebayanya, remaja perlu menciptakan perilaku sosial yang menguntungkan bagi individu lain yang disebut sebagai perilaku prososial. Program Labs Care merupakan salah satu program yang dibentuk oleh SMP Labschool Jakarta untuk mencapai kompetensi sosial dengan tujuan untuk menumbuhkan kesadaran/kepedulian sosial yang merupakan bagian dari perilaku prososial melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran program Labschool Student Social Care (Labs Care) dalam mengembangkan perilaku prososial peserta didik di SMP Labschool Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan menggunakan dokumentasi, wawancara, dan observasi dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampelnya, dan dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi perkembangan perilaku yang peserta didik rasakan atas pengalaman menjalani beberapa kegiatan selama program Labs Care. Temuan lain pada program ini adalah pada implementasinya, peneliti masih mendapati hal yang kurang tepat pada program Labs Care. Pada proses perencanaan, tujuan program belum mencantumkan indikator yang ingin dicapai. Sedangkan pada pelaksanaan program, variasi jenis kegiatan yang dipilih tidak merata yang berpengaruh pada perkembangan perilaku peserta didik, ditambah lagi dengan pemantauan program yang belum berjalan efektif, dan terakhir Labs Care belum memiliki evaluasi khusus untuk mengevaluasi bagaimana capaian tujuan dan perkembangan perilaku peserta didik. Perilaku prososial yang muncul pada program ini meliputi berbagi, bekerja sama, menyumbang, menolong, jujur, dan berderma. Sedangkan level penalaran moral peserta didik berada pada tingkat self-reflective empathic orientation. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh guru BK untuk menyusun layanan bimbingan dan konseling seperti layanan orientasi dan layanan informasi serta melakukan upaya-upaya lainnya untuk mengelola program Labs Care dan membantu mengembangkan perilaku prososial peserta didik. ***** Adolescents have developmental tasks that need to be achieved, one of which is the social aspect. At this stage, adolescents attempt to seek and form friendships with their peer groups. To enable the creation of positive social adjustments with their peers, adolescents need to create social behavior that is beneficial to other individuals, which is called prosocial behavior. The Labs Care program is one of the programs formed by SMP Labschool Jakarta to achieve social competence with the aim of fostering social awareness/care which is part of prosocial behavior through the activities carried out therein. This research aims to describe the role of the Labschool Student Social Care (Labs Care) program in developing students' prosocial behavior at Labschool Jakarta Middle School. This research uses a case study method. Data collection was carried out using documentation, interviews and observation with purposive sampling as the sampling technique, and analyzed using thematic analysis techniques. The results of this research show that there is a development in behavior that students experience as a result of the experience of carrying out several activities during the Labs Care program. Another finding in this program is that in its implementation, researchers still found things that were not quite right in the Labs Care program. In the planning process, the program objectives did not include the indicators to be achieved. Meanwhile, in program implementation, the variation in the types of activities chosen is uneven, which influences the development of student behavior, coupled with program monitoring that has not been effective, and finally, Labs Care does not yet have a special evaluation to evaluate how the goals are achieved and the development of student behavior. Prosocial behavior that appears in this program includes sharing, working together, donating, helping, being honest and giving charity. Meanwhile, students' level of moral reasoning is at the level of self-reflective empathic orientation. The results of this research can be used by guidance and counseling teachers to develop guidance and counseling services such as orientation services and information services as well as making other efforts to manage the Labs Care program and help develop students' prosocial behavior.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Susi Fitri, M.Si., Kons. ; 2). Dr. Aip Badrujaman, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 21522 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2024 01:20
Last Modified: 02 Feb 2024 01:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44158

Actions (login required)

View Item View Item